BPN Ramadhan 2021

5 Buku yang Mengubah Cara Berpikirku

5 Buku yang Mengubah Cara Berpikirku

Beberapa buku pernah hadir menghiasi rak-rak buku kita di rumah. Ada yang kita baca sampai selesai, ada yang kita beli saja tapi gak sempat baca bahkan ada juga yang kita hanya baca setengah tapi sudah jenuh.

Beberapa di antaranya hadir memberikan hiburan, pelajaran atau bahkan hikmah dalam hidup kita. Buku yang secara tidak sengaja mengajak kita bercengkrama atau bahkan menemani kesendirian kita di dalam sepinya malam.

Beberapa buku yang mempunyai pengaruh besar dalam hidupku adalah buku-buku berikut. Mengapa demikian? Karena beberapa di antaranya ku temukan di saat kondisi jiwa lagi butuh pencerahan, mereka hadir menemani hidup yang tidak mudah ini.

Baca juga : Perempuan Teduh

Beberapa di antaranya hadir semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan mendorong untuk semakin mengenalNya. Ada di antara buku ini yang memberiku banyak pelajaran tentang bagaimana memaknai kehidupan, kebahagian dan juga cinta.

Jadi, mereka layak menjadi Top 5 buku yang terbaik sepanjang masa versi aku. Yuk, mari kita baca!.

Baca juga : Blog Untuk Arsip Puisi

Falsafah Hidup : Memecahkan Rahasia Kehidupan Berdasarkan Tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah (Prof. Dr. Hamka)

Judul : Falsafah Hidup
Penulis : Prof. Dr. Hamka
Editor : Moh. Iqbal Santoso
Cetakan VII : Januari 2018
Penerbit : Republika Penerbit
Tebal : 428 + xxxiv halaman
ISBN : 978-602-0822-02-0

Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah atau biasa dikenal dengan Hamka dalah seorang ulama sekaligus sastrawan Indonesia. Salah satu karyanya yang palin fenomenal adalah Di Bawah Lindungan Ka’bah. Beliau lahir sdi Sumatra Barat 17 Februari 1908 dan meninggal di usia 73 tahun.

Beberapa karya Buya Hamka ada di jajaran rak buku termasuk tetralogy beliau. Tapi, yang paling berkesan bagiku adalah salah satunya buku yang berjudul Falsafah Hidup ini. Beliau membagi buku ini kedalam beberapa pokok bahasan antara lain, bab pertama bercerita tentang hidup, bab kedua tentang Ilmu dan akal yang tentunya pandangan belia berdasarkan Al Quran dan Hadist.

Baca juga : Menjadi Sumber Inspirasi

Bab selanjutnya dari buku Buya Hamka adalah tentang hukum alam yang merupakan sunnatullah yang tidak akan berubah, bab keempat tentang adab kesopanan bagaimana memelihara mata, menjaga silaturahim dan menghormati ibu bapak serta yang lainnya.

Bab kelima tentang sederhana yang meliputi sederhana niat dan tujuan kita, sederhana berpikir sederahan untuk keperluan hidup, sederhanadalam suka cita, dalam harta benda, sederhana dalam mencari nama dan lainnya.

Baca juga : Mengenal Diri Sendiri adalah Pencapaian Tertinggi di Hidupku

Bab keenam berisi tentang berani, beranin mengatakan kebenaran misalnya. Selanjutnya bab ketujuh tentang keadilan yang mengandung tiga unsur utama yaitu persamaan, kemerdekaan, dan hak milik. Bab kedelapan berbicara tentang persahabatan dan bab terakhir tentang bagaimana Islam membentuk pandangan hidup.

Buku yang banyak memberiku inspirasi dan sadar bagaimana memaknai hidup. Bahasa yang beliau gunakan cukup mudah dicerna di otak. Ini menjadi pilihan saya selanjutnya karena buku ini juga banyak berpengaruh dalam hidupku tentang bagaiamna memandang sesuatu.

Baca juga : 7 Hal Unik dan Aneh Tentang Aku

Tasawuf Modern : Bahagia itu Dekat dengan Kita Ada di dalam Diri Kita (Prof. Dr. Hamka)

Judul : Tasawuf Modern
Penulis : Prof. Dr. Hamka
Penerbit : Republika Penerbit
Tebal : 377 + xx halaman
ISBN : 978-602-8997-98-0

Buku Hamka selanjutnya yang menjadi bagian dari tetraloginya adalah buku Tasawuf Modern. Buku yang banya bercerita tentang tasawuf yang berkaitan dengan akhlak.Jadi, tasawuf tidak melulu tentang ritual-ritual bagaimana bertasawuf.

Buya Hamka juga menekankan bahwa hidup ini harus seimbang atara dunia dan akhirat. Kita boleh mencari harta asal diperoleh dengan halal. Kita juga butuh harta untuk hidup di dunia karena kita akan membayar zakat, bersedekah dan memenuhi kebutuhan hidup.

Baca juga : 7 Serial Kartun Legend Favoriteku 

Love for Imperfect Things: How to Accept Yourself in a World Striving for Perfection (Haemin Sunim)

Tentang buku ini teman-teman bisa baca review saya disini. Buku ini menyadarkan betapapentingnya mencintai diri sendiri dan bagaimana menerima diri kita sendiri dengan segala kekurangannya.

Baca juga : Target Utama di Tahun 2021

The Things You Can See Only When You Slow Down : Guidance on the Path to Mindfulness from a Spiritual Leader (Haemin Sunim)

Judul : The Things You Can See Only When You Slow Down – How to be Calm in a Busy World
Penulis : Haemin Sunim
Artwork : Youngcheol Lee
Tahun Terbit : 2018
Penerbit : Penguin Life
Jumlah Halaman : 288 halaman
ISBN : 9780241340660

Di dalam buku ini ada 7 bab yang akan membuatmu lebih memaknai hidup. Babyang pertama berbicara tentang ‘rest’, bab kedua tentang ‘mindfulness’, bab ketuga tentang ‘passion’, yang keempat tentang ‘relaionshop’, kelima tentang ‘love’, keena tentang ‘life’, ketujuh tentang ‘The future’dan yang terakhir tentang ‘Spirituality’.

Hampir sama dengan buku Haemin Sunim tentang love for imperfect, disini juga banyak petuah-petuah dalam bentuk quotes baik dari Haemin Sunim Sendiri maupun dari beberapa kerabat sesamanya biksu ataupun dari penulis lainnya.

Baca juga : 5 Tempat Liburan Favorit

The 5 Love Language : The Secret to Love That Lasts (Gary Chapman)

Buku ini membuka wawasan aku tentang bagaimana memahami pasangan dengan mengenalis bahasa cinta mereka. Terkadang pasangan kita telah memberikan pujian, memberikan hadiah tapi kita masih merasa bahwa dia tidak sayang dengan kita dan justru menyalahkan dia karena kita tidak bisa memahami bahasa cinta mereka maka muncullah pertengkaran.

Padahal, letak masalah adalah kita belum mampu mengenali bahasa cinta pasangan kita karena ternyata cara seseorang mengungkapkan perasaan ciinta itu berbeda setiap individu. Maka dari itu, dalam menjalin sebuah hubungan ada baiknya mengenali bahasa cinta mereka agar  kita bisa memahami pasangan kita dan meminimalisir konflik yang mungkin akan terjadi.

Baca juga : Barang Wajib Bawa Saat Bepergian

Ada 5 bahasa cinta yang di ungkapkan Gary Chapman dalam bukunya, yaitu; 1) Words of Affirmation (Kata-kata Dukungan), 2) Quality Time ( Waktu yang Berkualitas), 3) Receiving Gifts (Hadiah), 4) Acts of Service (Pelayanan), 5) Physical Touch (Sentuhan Fisik).

Jadi, buku ini mengajarkanku banyak hal tentang bagaimana memahami bahasa cinta seseorang dan bagaimana harus bersikap menghadapinya.

Top 5 buku yang banyak mengubah cara berpikirku akan sesuatu telah memberikan kontribusi dalam sejarah hidupku dan bagaimana aku menjalani kehidupan ini. Kalian sudah baca berapa buku tahun ini? Buku apa saja yang menjadi favoritekalian? Bagi cerita kalian di kolom komentar ya!

2 Comments

    • musdalifahmansur

      Kalu versi bahasa Indonesianya aku kurang tau kak, tapi versi English cukup mudah di pahami kak, bahasanya juga ringan, kebanyakan isinya itu adalah quotes, tapi quotes yang ngena banget dan sampe ke hati banget kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???