BPN Ramadhan 2021

Blog Untuk Arsip Puisi

Dibuat di canva.com

Setiap hal yang kita lakukan ada alasan mengapa kita melakukannya. Sama halnya dengan blog ini. Ada alasan kenapa blog ini harus ada dan masih eksis sampai sekarang

Beberapa alasan mungkin akan mengernyitkan kening sebagian orang tapi itulah alasan, dan mungkin akan berbeda dari yang lainny

Ngeblog untuk arsipkan puisi

Dulu sebelum mengenal blog, semesta mengenalkan aku pada beberapa media sosial. Disana aku sering membagikan quotes, puisi atau kata-kata puitis yang membuat sebagian teman  merasa geli membacanya.

Sejak usia remaja memang sudah senang menulis puisi, alasannya karena pengen mengunkapkan sesuatu tapi gak berani bilang yang sebenarnya. Jadilah puisi yang menimbulkan multi-tafsir yang sebagian orang menganggap itu lebay.

Karena mungkin saking terlalu seringnya update status ada teman yang menegur katanya terlalu ‘lebay’ lah, suka ‘galau’ lah, itulah. Memang sedang galau tapi inti masalahnya bukan seperti apa yang kutuliskan.

Jika puisiku tentang seseorang yang sedang jatuh cinta bukan berarti saya sedang kasmaran, begitu juga kalau menulis puisi tentang patah hati, bukan berarti aku sedang patah hati justru malah kadang sebaliknya.

Sejak dikomentari seperti itu aku kemudian menarik diri sejenak dari dunia maya sambil mencari tempat untuk sembunyi, tempat untuk menampung segala jenis tulisanku tanpa dibaca orang.

Kalau perlu jangan dibaca oleh orang yang kukenal karena kadang mereka bukannya mensupport hasil karya tetapi justru malah menjatuhkan.

Lalu, di tahu 2008 aku berkenalan dengan blog. Beberapa bulan selanjutnya tulisanku mulai banyak dan benar tidak ada orang yang berkomentar disana bahkan orang kukenal pun tak ada

Baca juga : Arti nama blog

Jadi, aku merasa mulai lega dan aman. Apa yang ada dipikiran sudah bisa dituangkan kedalam tulisan tanpa harus menumpukknya di pikiran dan yang terpenting gak ada yang bilang ‘lebay’.

 Akan tetapi, perasaan itu sirna ketika tahu bahwa semua tulisan yang ada di blog itu hilang. Entah karena system atau karena apa, tapi blog saya saat itu benar-benar tidak bisa di akses. Sampai sekarang aku tidak tahu penyebabnya apa. Patah hati? Iya banget. Waktu itu belum paham tentang dunia blog, betul-betul  pure untuk menyimpan puisi saja.

Kejadian itu membuatku vacuum dari dunia blog selama beberapa tahun.

Ya enggak enaklah rasanya, masa iya hasil karya sendiri tiba-tiba hilang. Hasil pikiran yang selama ini tertuang dalam pikiran lenyap begitu saja tanpa sebab.

Kemudian, aku mulai bikin blog yang baru dan mulai belajar tentang seluk beluk dunia blogging. Hasil dari belajar itu aku mulai tahu istilah domain dan membeli domain dengan nama aku sendiri.

Setelah kurang lebih 10 tahun tidak bersentuhan dengan blog akhirnya di tahun 2018 saya kembali mulai aktif ngeblogging. Beberapa tulisan yang hanya tersimpan di file laptop satu persatu mulai masuk ke dalam blog.

Jadi, niat awalnya memang hanya sekadar menyimpan tulisan saja tapi karena domain yang aku pake itu berbayar jadi aku mulai mikir. How to earn money from my blog? emang bisa? Pikirku kala itu.

Menghasilkan uang dari blog

Aku mulai membaca beberapa artikel tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Semakin banyak yang kubaca semakin meyakinkan bahwa aku pasti bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blogku ini.

Untuk menghasilkan uang tentunya kita harus punya blog yang menarik dan artikel yang bisa memberikan manfaat buat orang lain karena orang lain berkunjung ke blog kita karena mereka mencari apa yang sedang dia butuhkan.

Aku merenung dan membaca kembali isi blogku yang tidak semenarik yang aku pikir karena emang niatnya awalnya untuk arsip puisi saja.

Baca juga : Harapan terbesarku pada blog

Kemudian aku bertanya ke beberapa teman yang sudah lama di dunia blog kataya supaya blog itu menarik harus punya niche. Bingung dong apaan tu niche?. Setelah dijelaskan panjang lebar dan mulai paham aku lalu banting stir yang tadinya cuma arsipkan puisi doang menjadi blog lifestyle yang membahas tentang relationship, hobby, dan juga thought aku tentang bagaimana menyikapi masalah kehidupan. Bukan hanya itu aku juga memberi nama pada blog ini dengan ‘Perempuan Teduh’ seperti yang telah aku ceritakan disini.

Setelah semuanya sudah tertata rapi dengan niche yang menurut aku sudah menarik, apakah mampu menarik cuan juga?

Ternyata tidak semudah itu Fergusoo…

Langkah selanjutnya adalah bagaimana aku harus mendapatkan pembaca, bagaimana supaya orang-orang mau membaca postingan aku ini? Bagaimana orang akan berkunjung ke blog ini? Aku mulai searching di google dong dan ternyata salah satunya adalah bergabung dengan komuntas blog.

Nah, disalah satu komunitas blog yang aku ikuti ternyata ada informasi tentang Affiliate program yang bisa kita ikuti untuk menghasilkan uang dari blog. Seneng dong dapat info begini, dan aku mendapatkan penghasilan pertamaku dari program ini.

Punya lingkungan yang mendukung

Jika kita punya teman penjual parfum, lama-lama wanginya akan keciprat ke kita juga. Istilah itu pernah ku dengar yang maksudnya adalah lingkungan itu sangat berpengaruh ke kita jadi carilah lingkungan yang bisa mendukung visi dan misimu untuk meraih cita-cita atau lingkungan yang mendukung untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

Blogger perempuan adalah komunitas blog pertamaku, disana aku mendapatkan ilmu tentang dunia blogging dan juga teman sesama blogger. Dan ternyata ada begitu banyak blogger di negeri ini jadi aku gak sendiri. Punya banyak teman dengan hobby yang sama yaitu menulis akan memudahkan saya untuk memacu semangatku untukt erus menulis.

1 minggu 1 cerita adalah komunitas blogku yang kedua, di platform ini kita dituntut untuk menulis 1 cerita dalam seminggu. Kenapa harus disini? Supaya aku semangat menulis karena harus menulis 1 cerita tiap minggu.

Komunitas blog yang selanjutnya adalah Ruang Aksara yang di kelola oleh Mbak Dedew yang suer duper baik banget. Awlanya aku dapat info ini dari blogger perempuan karena ada kelas belajar blog bagi pemula. Maka daftarlah saya distu, lalu kita bergabung dalam satu grup WA. Nah setiap minggu, kita saling memberi komentar diblog teman-teman yang bergabung. Tentunya itu akan menambah pengunjung blog kita dong ya.

Setelah punya komunitas dan melihat beberpa teman punya blog tentu saja tergerak hati saya untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk orang lain. Tidak hanya untuk pribadi tapi sebisa mungkin orang lain bisa mengambil hal positif dari blog saya ini.

Semoga kedepannya bisa memberikan kontribusi informasi beranfaat melalui tulisan.

#BPNRamadan2021 #bloggerperempuan

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???