BPN Ramadhan 2021

5 Tempat Liburan Favorit

Share and Enjoy !

0
0Shares
Tempat Liburan Favorit

Ngomong-ngomong soal liburan udah lama ya gak liburan karena Pandemi. Meskipun sekarang sudah bisa keluar daerah tapi dengan protokol kesehatan yang ketat tetap aja masih nunda liburan dulu.

Kalau ditanya tempat liburan favorit, anak introvert pasti menjawab ya dirumahlah. Rumah adalah tempat paling nyaman sekaligus bisa berlibur dengan rebahan atau beres-bers rumah, atau bahkan masak-masak juga bisa disebut sebagai liburan. hehehe

Tapi, liburan keluar menikmati alam semesta itu juga salah satu cara kita menikmati cipataanNya dan cara kita mengagumi kebesaranNya dengan menjelajahi tempat lain selain rumah kita.

Teman-teman kalau sesekali keluar mengamati alam semesta. Kalian akan berpikir betapa bersyukurnya kalian masih hidup hingga saat ini, betapa beruntungnya kalian masih bisa menikmati segarnya angin bertiup, betapa beruntungnya kita masih punya mata untuk melihat keindahan yang Allah SWT berikan di hamparan bumi yang luas ini.

Nah, tempat liburan favoritku dimana saja? Aku bagi menjadi 5 daerah dan kota ya. Yuk mari kita baca!

Baca juga : Perempuan Teduh

Malino Highlands

Aku sebenarnya lebih suka berlibur ke tempat yang dingin atu daerah pegunungan, tapi bukan berarti aku gak suka daerah panas kayak pantai ya, cuma kalau disuruh milih antara pantai dan gunung maka aku lebih milih daerah pegunungan.

Kenapa daerah pegunungan karena potensi untuk hujannya itu lebih tinggi hehehe, aku kan suka hujan. Aku juga suka melihat hujan turun di antara pohon pinus. Terus duduk di teras sambil menikmati secangkir teh hangat dan pisang goreng. Wah… baterai aku udah full kalau suasana sejuk kayak gitu.

Salah satu destinasi yang aku suka dan dekat dari domisili aku adalah Malino Highlands yang berada di Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 80 km arah Selatan pusat kota Makassar.

Di tempat ini kalian bisa menikmati pemadangan perkebunan the dari cafe outdoor yang ada di Malino Highlands. Bukan hanya itu, dalam perjalanan untuk mencapai tempat ini kalian akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang lebat, sejuk banget pokoknya dan dinginnya terasa sampai ke dalam mobil.

Di Malino Highlands kalian juga bisa menikmati beberapa permainan outdoor tapi aku lebih suka naik kuda sih, heheheh.

Bagi kalian yang ingin berkunjung kesini, silahkan kunjungi websitenya Malino Highlands. Ini recommended banget.

Baca juga: Bog untuk Arsip Puisi

Toraja

Kete Kesu

Toraja berasal dari bahasa Bugis  To Riaja  yang berarti ‘orang yang berdiam di negeri atas’. Dari arti kata tersebut kita bisa menerka bahwa Toraja ini ada di daerah yang tinggi atau daerah pegunungan.

Seperti yang aku bahas sebelumnya kalau aku suka daerah pegunungan makanya tempat favorit selanjutnya adalah di Toraja. Kalau menurut Bapakku katanya Kakek Buyutku itu adalah Orang Toraja, dia tinggal di Dante Lemo bersama saudaranya yang lain tapi karena sesuatu dan lain hal kakekku akhirnya hijrah ke tanah bugis.

Sampai sekarang aku gak tahu keluargaku di Toraja itu ada siapa aja, tapi memang sebelum tahu hal itu entah kenapa setiap ke Toraja itu berasa kayak pulang kampung. It’s like my home village gitu, dan ternyata bener di darahku ada mengalir darah orang Toraja. Hihihih

Toraja atau orang Toraja mendiami pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan yang terbagi ke dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara. Mayoritas Masyarakat Toraja memeluk agam Kristen, sebagian lagi beragam Islam dan kepercayaan animisme yang disebut dengan Aluk To Dolo

Kenapa harus Toraja? Karena daerahnya dingin, heheheh. Nama Toraja sudah mendunia, setelah Bali, Wisatawan Asing juga sudah familiar dengan Toraja itu terbukti dengan banyanya wisatawan asing yang bertandang kesana dan bukan hanya dari satu Negara tapi beberapa Negara.

Pernah sesekali saya mendengar mereka berbicara dengan guide tour-nya, mereka tidak berbahasa Inggris guys, aku sampai bingung ini bahasa apa. Setelah aku mendekati dan bertanya ternyata mereka dari Spanyol. Wuaaahhh… Toraja emang top banget.

Beberapa destinasi yang kalian bisa kunjungi di Toraja dan aku merekomendasikan penginapan yang nyaman menurut aku yaitu di Misiliana Hotel. Disini aku menginap beberapa hari, dan mendapatkan sambutan yang hangat dari para pegawainya. Aku pilih kamar yang memiliki teras dan view yang bagus jadi aku bisa menikmati pemandangn indah dari teras kamar.

Misiliana Hotel

Kalau ditanya tentang tempat wisata must visit di Toraja, wah aku bingung jawabnya soalnya must visit semua hihihi. Di Toraja ada Lolai Negeri di atas Awan, ada Kete’Ke’su, ada Gua Lemo, Bori Kalimbuang, Londa, Batu Tumonga dan masih banyak yang wajib kalian kunjungi.

Kalau liburan ke Toraja sebaiknya menginap beberapa hari supaya bisa menikmati wisata yang ada disana.

Untuk info lebih lanjut tentang wisata apa saja yang ada disana kalian bisa mengunjungi website infotoraja, kalian akan mendapatkan banyak infor terkait tentang toraja baik itu tentang objek wisata atau event apa saja yang akan berlangsung disana.

Baca juga :  Menjadi Sumber Inspirasi 

Yogyakarta

Candi Prambanan

Terbawa lagi langkahku ke sana

Mantra apa entah yang istimewa

Kupercaya selalu ada sesuatu di Jogja

Lirik lagu dari Adhitia Sofyan ini selalu terngiang ditelinga, mungkin dia benar memang ada sesuatu di Jogja yang selalu bikin kangen. Ada yang pernah bilang katanya Jogja itu Kota Kenangan, mungkin mereka juga benar. Ada suatu kenangan yang kutinggalkan di Jogja.

Jogja adalah Dream City yang ingin aku kunjungi sejak masih SD.

Dulu aku sering baca majalah Bobo majalah anak-anak yang terbit tiap hari Kamis, dari situ aku banyak mendapat informasi tentang dunia diluar sana atau tempat menarik diluar sana. Nah, dari situ aku tahu tentang candi Borobudur, Prambanan dan beberapa tempat menarik lainnya disana. Aku excited banget dong pengen kesana. Jadi, aku tulis impian aku itu di selembar kertas lalu aku tempel di lemari buku. Tulisannya kira-kira seperti ini.

Baca juga : 5 Serial Kartun Legend Favoriteku

“Mau ke Borodubur Gratis”

“Mau ke Bali Gratis”

Yah namanya juga bermimpi kan gak apa-apa hehehe. Akhirnya 8 tahun kemudian baru dikasi kesempatan sama Allah untuk menjelajahi Kota Jogja.

Tempat petama yang aku kunjungi ketika mendarat adalah Candi Borobudur jadi ke penginapan cuma simpan barang abis itu langsung cuss ke Candi Borobudur, kalau biasanya cuma liat di buku pelajaran sekarang bisa liat langsung guys, eh bisa berfoto juga. Hehe

Perjalanan dari Bandara Adisucipto ke Candi Borobudur sekitar 45 km, lumayan juga yah jauhnya. Candi Borobudur yang merupakan Candi Buddha ini terletak di daerah Magelang. Candi Borobudur yang ditemukan oleh Sir Thomas Stamfor Raffless sejak tahun 1814 ini masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Ketika berkunjung kesana beberapa orang terlihat sedang bersembahyang di candi ini, jadi kami sebagai pengunjung wajib menghormati mereka. Candi Borobudur ini luas banget ya ternyata guys, dari pintu gerbang aja sampai ke candi itu berapa meter ya, aku ngos-ngosan juga jalannya.

Stiker dari Kraton Jogja

Selanjutnya adalah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Waktu tiba disana kebetulan ada yang sedang main gamelan, maka mendekatlah saya. Wah.. akhirnya bisa liat langsung, kalau sebelumnya cuma bisa diliat di TV saja guys

Seperti yang dilansir oleh travel.kompas.com bahwa Keraton ini di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono ke I yang menghadap langsung  ke arah utara-Gunung Merapi. Sementara di bagian Selatan Berbatasan dengan Samudra Hindia.

Liburan sekaligus belajar budaya adalah hal yang menyenangkan. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari mengunjungi tempat ini. Kita akan lebih menghargai sejarah dan benda-benda peninggalan sejarah karena sejarah tidak akan terulang.

Malioboro

Destinasi berikutnya adalah Malioboro The True Heart of Jogja’s Downtown. Di sepanjang jalan Malioboro banyak pernak-pernik tentang Jogja disana. Mulai dari baju, gantungan kunci, sandal dan juga miniature mini tempat-tempat wisata yang ada di Jogja.

Katanya kalau malam hari disini seru banget tapi karena datangnya kesini siang yah gak apa-apa, aku bisa liat dokar. Feelnya beda aja gitu kalau jalan kaki sepanjang jalan ini, kok aku ngerasa pernah kesini sebelumnya yah, padahal ini kali pertama aku ke Jogja.

Tempat selanjutnya adalah Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu dikenal dengan Candi Roro Jongrang. Candi ini terletak di Dusun Karangasem, Desa Bukoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Candi Borobudur bentuknya tambun dan melebar ke samping serta bagian puncak disebut dengan Stupa, kalau Candi Prambanan beda lagi. Candi Prambanan mdelnya ramping dan menjulang ke atas dimana bagian puncaknya disebut Ratna.

Dan masih banyak lagi tempat liburan yang cocok untuk kalian jika berkunjung ke Jogja.

Baca juga : Mengenal Diri Sendiri adalah Pencapaian Tertinggi di Hidupku

Bali

Foto Bersama Patung

Seperti yang aku ceritakan di atas bahwa dulu aku menulis tempat yang ingin aku kunjungi selanjutnya setelah Borobudur adalah Bali. Beberapa tahun kemudian baru terwujud, hehehhe

Bali oh Bali

Menurut Kumparan.com Bali adalah salah satu daerah wisata favorit bagi wisatawan asing. Tentunya juga menjadi incaran wisatawan lokal termasuk aku. Hehehehe.

Di Garuda Wisnu Kencana

Bali menyimpan begitu banyak keindahan, mulai dari panorama alamnya, budaya dan keseniannya, pantainya dan tempat-tempat bersejarah lainnya.

Kenapa Bali? Ada banyak alasan yang tidak muat di space ini jika ingin diceritakan kenapa harus liburan ke Bali.

Foto bersama

Bali juga bisa menjadi tempat untuk mengedukasi anak-anak kitatentang kebudayaanya, sejarahnya dan juga kesenian yang tak kalah unik dengan yang lainnya.

Tempat-tempat menarik yang bisa kalian kunjungi ada Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pura Tanah Lot, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, ada Tanjung Benoa, Bedugul dan makan malam di Pantai Jimbaran Bali itu sensai romantisnya dapat banget.

Baca juga : 7 Hal Unik dan Aneh Tentang Aku

Mekkah dan Madinah

Tiket Pesawat Saudia Airlines

Tempat terakhir yang aku wajib di kunjungi terutama umat muslim adalah Kota Mekkah dan Madinah. Kalau ini lebih ke wisata religi, selain beribadah kita bisa juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Kelahiran Rasulullah Muhammad SAW dan Tempat dimana Kiblat Umat muslim di dunia ini.

Di Kota Madina kita bisa berkunjung ke Masjid Quba yang menurut sejarah penduduk Qubalah yang pertama kali menyambut Nabi Muhammad ketika beliau datang ke Kota Madinah.

Selanjutnya adalah Masjid Nabawi yang merupakan Masjid terbsear yang ada di dunia dan merupakan tempat kedua yang paling suci setelah Masjidil Haram.

Markah Jalan

Di dalam Masjid Nabawi ada tempat yang disebut dengan Raudhah atau biasa disebut dengan taman surga dimana Rasulullah Muhammad SAW menerima wahyu dan memimpin sholat. Itulah mengapa tempat ini memiliki keutaman lebih. Maka, wajarlah jika ingin ke tempat ini orang-orang sampai berebutan supaya mereka bisa sholat di tempat ini dan berdoa memohon hajat mereka.

Di Madinah juga ada Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Pemakaman Al-Baqi yang bisa kalian kunjungi sekaligus mengenang masa perjuangan Rasulullah Muhammad SAW dalam menyebarkan dan menegakkan agama Allah SWT.

Selanjutnya kita ke Kota Mekkah Al-Mukarramah. Tempat Wisata religi yang paling banyak menjadi incaran umat Islam adalah Kota Mekkah. Banyak sekali tempat yag bisa kita kunjungi disini, antara lain Masjidil Haram, Jabal Rahmah di bukit Arafah  tempat bertemunya Adam dan awa setelah diturunkan ke Bumi, ada Jabal Tsur, Jabal Nur, dan masih banyak yang lainnya. Lain kali aku akan bahas khusus untuk ini karena gak muat kalaumaubahas persatu disini semua hehehe.

Baca juga : Target Utama di Tahun 2021

Nah, itu tadi beberapa tempat liburan dan wisata yang pernah aku kunjungi dan aku rekomendasikan buat kalian semua.

Semoga masih bisa diberikan kesempatan nanti aku akan bahas satu persatu ya. Kalian liburan dimana tahun ini?

Share and Enjoy !

0
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Hayo mau ngapain???