BPN RAMADAN,  BPN RAMADAN 2022

Tujuan Ngeblog

Mengenal blog sejak 2007, waktu itu masih belum terlalu mengenal banyak tentang dunia blog. Awalnya hanya ingin menampungtulisan saja seperti puisi, cerpen dan quotes. Kemudian kesibukan kampus membuatku jarang menulis di blog lagi. Lalu, libur panjang kembali membawaku pada dunia menulis. Akan tetapi, tulisan yang ada diblog waktu itu tidak bisa di akses. waktu itu sama sekali tidak mengerti kenapa tulisan tidak bisa di akses bahkan aku gak bisa nulis lagi. Hal itu membuatku benar-benar down karena tulisannya udah banyak. Jadi, aku tidak pernah menulis lagi sampai kurang lebih 10 tahun. Di tahun 2018 aku mulai lagi menulis diblog dan ini dia tujuan aku menulis di blog.

Menjaga pikiran tetap waras

Bagiku writing is a healing. Salah satu caraku menuangkan beban pikiran di kepala adalah dengan menulis apa yang sedang dipikirakan, tapi bukan status atau story di media sosial ya. Kadang sudah terlalu banyak yang menumpuk di dalama kepala, biasanya aku menuliskannya atau bercerita dengan tulisan, entah itu keluar sebagai cerpen atau sebagai puisi lalu kemudian aku terbitkan di blog. Awalnya tujuannya memang menyimpan semua keluh kesah yang ada. Tapi, setelah blog walking ke beberapa blog ternyata banyak hal yang bisa kita laukan di bog, bukan sekadar bukan kepenatan saja.

Sebagai personal branding

Ada pernah yang memberitahu ke saya bahwa salah satu cara untuk personal branding adalah dengan menggunakan blog. Di situ orang-orang bisa mengakses profile kita, bisa tahu siapa kita dan keahlian kita apa ini bisa juga dijadikan sebagai portofolio tentang prestasi apa aja yang telah kita raih. Jika profile kita bagus maka akan ada banyak tawaran kerjasama yang datang kepada kita and aku sudah merasakan bekerjasama dengan beberapa brand. Dari situ aku juga mulai tahu bahwa kita bisa berpenghasilan melalui blog.

Mendapakan Cuan

Seperti yang aku bahas di poin sebelumnya bahwa ternyata di blog kita bisa menghasilkan cuan. Tujuan blog sebenarnya bukan awalya untuk mencari cuan tapi karena aku lihat ada peluang ya kenapa gak coba aja. sejak 2018 aku mulai nulis lagi dan belajar tentang blog selama kurang lebih 2 tahun mengutak atik blog, belajar dari awal lagi dan blog walking ke beberapa blog akhirnya di tahun 2021 kemarin aku mulai mendapatkan penghasilan dari blog. Meskipun tidak banyak tapi aku sudah belajar dan tentunya akan terus belajar lagi bukan hanya tentang cuan tapi bagaiman memberikan manfaat ke orang banyak melalui blog.

Nah, itu tadi tiga tujuanaku ngeblog hehehe. Ada yang sama gak? Bagi cerita kalian di kolom komentar ya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???