BPN RAMADAN,  BPN RAMADAN 2022

5 Rekomendasi Restaurant Untuk Pesan Online

Selama masa pandemi ini, pesan makanan online ramai diminati. Hal itu karena adanya pembatasan terbatas yang membuat pecinta kuliner hanya bisa menikmati makanan dirumah. Pesen makananonline adalah salah satu alternative yang bisa dipilih, selain karena murah da nada banyak diskon, kita bisa memilih makanan dari berbagai restaurant tanpa harus mengunjugni tempatnya terlebih dahulu.

Banyaknya kesibukan dirumah karena hampir semua pekerjaan kantor, kegiatan perkuliahan dan sekolah melalui daring (dalam jaringan) kadang membuat kita tidak punya waktu untuk bergerilya di dapur.

Untuk itu, melalui tulisan ini ada beberapa rekomendasi tempat atau restaurant yang bisa menjadi pilihan kalian untuk memesan makanan secara online. Berikut 5 rekomendasi restaurant ini masuk dalam top 5 menu favorite aku khusus untuk daerah Kota Makassar. Restaurant ini punya menu yang menjadi ciri khas makanan local yang ada di Kota Makassar. Lanjut baca yuk!

Coto Dg Sirua Hj. Singara ‘Kuah Putih’- Masale

Coto Kuah Putih

Salah satu makanan yang banyak dikenal oleh orang diluar kota Makassar terutama orang asing yang berkunjung di kota ini adalah Coto Makassar. Makanan yang telah ada sejak kerajaan Gowa pada abad ke-16M ini berisi daging sapi dan jeroan. Jaman dulu coto Makassar atau biasa disebut dengan coto Mangkasara ini khusus untuk coto yang berisi daging diberikan kepada anggota kerajaan sedangkan untuk jeroan diberikan kepada pengabdi kerajaan.

Coto Makassar Kuah Putih

Daging sapi yang kemudian dimasak dalam waktu beberapa jam diberikan bumbu khusus bisa dinikmai dengan ketupat, lontong atau buras. Coto MakassarDg Sirua Hj Singara ini sedikit berbeda dengan coto pada umumnya karena mempunyai kuah putih. Jika dicoba rasanya gurih dan nikmat. Coto Dg Sirua ini mendapat bintan 4,7 dari para konsumen.  Alamat Coto Dg Sirua ini ada di Jl. Abdulllah Daeng Sirua No. 10, Masale, Panakukang, Makassar

Mie Titi Panakukang- Panakukang

Mie Titi

Mie Titi adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan. Awalnya aku berpikir kata ‘Titi’ yang dimaksud adalah seperti tanda titik atau koma tapi ‘Titi’ berasalah dari bahasa Tionghoa yang berarti adik laki-laki.  Titi adalah sapaan akrab dari mendiang Angko Tjao Ayah dari Freddy Koheng yang merupakan pemilik dari usaha mie titi ini.

Mie Titi ini cukup unik, berbeda dengan mie pada umumnya yang kenyal. Mie Titi ini adalah mie yang dibakar kemudian disiram dengan kuah kental yang berisi sayuran daging, dan seafood.  Bisa dinikmati dengan sambal, kecap, dan juga lomobik bijiyang sudah diberi cuka sedikit.

Mie Titi Panakukang

Mie Titi ini banyak dijumpai di kota Makassar, salah satu yang sering aku kunjungi atau pesan online adalah cabang Panakukang karena jaraknya cukup dengan tempat tinggalku.

Restaurant yang meraih bintang 4,7 dari konsumen ini mem[unyai pelayanan yang cukup baik. Di resto ini bukan hanya menu mie titi yangada tapi ada banyak pilihan menu lainnya yang kalian bisa pesan, seperti mie goreng Jakarta, nasi goreng dan lainnya. Soal rasa gak perlu ditanyaka, ini sudah menjadi langgananku sejak 10 tahun terakhir. Salah satu cabang restaurant ini ada di jalan Jl. Ance, No. D-6 Ngoyo, Masale, Panakukang, Makassar

Bebek gazebo- Daeng Tata

Bebek Gazebo

Kuliner khas Makassar lainnya yang wajib kalian coba adalah Nasu Palekko. Restaurant Bebek Gazebo yang menyediakan makanan khas ini. Nasu Palekko adalah olahan dagi bebek yang dimasak dengan bumbu yang khas ini memiliki cita rasa yang gurih bahkan bumbunya bisa terasa sampai ke tulang.

Nasu Palekko ini berasal dari Kabupaten Pindang dan Sidrap yang memilikimakna unik. Nasu memiliki arti bebek sedangkan palekko adalah sejenis aalat masak dari batu yang digunakan untuk membuat sajian daging. Palekko sendiri sudah jarang digunakan di era saat ini namun masakan ini masih bertahan sampai sekarang.

Nasu Palekko

Ada banyak restaurant yang memiliki menu yang sama tapi menurut versiku, di Restaurant bernama Bebek Gazebo ini adalah yang paling enak di lidahku. Di Makassar ada dua cabang, yaitu di daerah Daeng Tata dan juga di Perintis. Di aplikasi pesan makanan online, restaurant ini memiliki bintang 4,7.

Aroma Palopo

Aroma Palopo

Aroma Palopo adalah salah satu resto favoriteku, bagaimana tidak menu makanan kesukaanku ada didisana yaitu Kapurung. Menu khas Sulawesi Selatan ini berasalah dari Luwu. Makananini terbuat dari tepung sagu yang lebih dikenal dengan Pugalu. Makanan ini memiliki bahan dasar yang sama dengan kuliner khas Maluku dan Papua yaitu Papeda.

Tepung sagu yang sudah di masak atau disiram dengan air mendidih ini kemudian dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso. Kapurung bisa disajikan dngan kuah yang berbumbu dan berbagai isian seperi sayur dan ikan.

Kapurung

Kapurung yang dimiliki oleh Aroma Palopo ini berbeda dengan resto lainnya, dan ini menurutku yang paling enak. Aroma Palopo ada di Jl. Lanto Dg.Pasewang No 28C, Maricaya Selatan ini memiliki rating 4,6 di aplikasi online.

Ayam Bakar dan Lalapan EB- Baraya Selatan

Ayam Bakar

Resto yang menempati urutan kelima di daftarku ini adalaha Ayam Bakar dan Lalapan EB. Ayam bakar yang diberi bumbu kecap dengan varian sambal. Salah satu kesukaanku adalah sambal petenya yang bikin lidah pengen nambah terus.

Ayam Bakar dan Lalapan EB

Makanan ini di sajikan dalam box persegi, di dalamnya ada ayam bakar, sambal peteyang khas, tahu/tempe dan juga ada satu yang unik, yaitu ada kol yang digoreng tapi dengan tepung bumbu. Itu cukup enak di cocol di sambal pete. Resto yang ada di Jl. Timur Kanal Ablam, Bara-Baraya Selatan Makassar dengan pelayanan yang cukup cepat ini selalu siap memadamkan kelaparan yang melanda.

Nah, itu tadi beberapa daftar resto tempat pesan online yang bisa kalian coba jika kalian ada di Makassar. Ada yang sudah pernah ke Makassar? Atauada yang sudah pernah coba menu di atas atau berkunjung di salah satu resto tersebut? Bagikan cerita kalian di kolom komentar yah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???