BPN RAMADAN,  BPN RAMADAN 2022

5 Kegiatan Bermanfaat Selama Bulan Puasa

Bulan Ramadhan adalah Blan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan suciyang penuh berkah dimana pahala kita akan dilipatgandakan. Maka dari itu, umat islam berlomba-lomba berbuat kebajikan untuk mengharap ridho Allah SWT. Banyak banget kegiatan yang bisa kita lakukan di bulan suci ini tentunya semua diniatkan karena Allah SWT. Berikut beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa kalian lakukan dan mungkin tengah Anda lakukan saat ini;

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restaurant Untuk Pesan Online

Memperbaiki bacaan Alquran

Sebenarnya memperbaiki bacaan Alquran ini gak perlu nunggu ramadhan tapi setidaknya momen ramadhan ini menjadi pengingat bagi kita apakah bacaan Alquran kita sudah benar, tajwidnya sudah tepat, pengucapannya sudah tepat karena beda penyebutan beda artinya juga. Mengapa begtu penting memperbaiki bacaan alquran kita karena kita juga mengucapkannya dalam sholat kita. Ibadah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah, maka dari itu bacaan alquran maupun bacaan sholat kita perlu kita intip lagi, perlu kita perbaiki lagi jika belum benar.

Ada banyak platform belajar mengaji atau belajar tajwidyang bisa teman-teman akses baik itu di youtube . instagram atau di platform lainnya. Bahkan sekarang sudah ada belajar mengaji online, teman-teman bisa bergabung dengan teman lainnya untk belajar bersama.

Baca Juga : 3 Kegiatan Healing Selama di Rumah

Menghafal surah-surah pendek

Teman-teman yang sholat bacaannya itu-itu aja, mungkin bisa di perbanyak lagi dengan mengahafal beberapa surah-surah pendek. Selain menambah hafalan teman-teman sekalian, Insya Allah ini juga bisa menjadi lading pahal bagi teman-teman. Momen Ramadhan ini bisa menjadi kesempatan yang baik. Teman-teman bsa mengatur kapan waktu yang tepat untuk murojaah misalnya setelah sahur sambil menunggu waktu subuh. Bagi teman-teman yang hafalan surah-surah pendeknya sudah banyak bisa beralih lagi menghafal ayat-ayat alquran lainnya.

Baca Juga : 5 Hal yang Ingin Aku Lakukan Selama Bulan Puasa

Mengikuti kajian online

Allah SWT menginginkan kebaikan bagi orang yang menuntut ilmu seperti yang disebutkan dalam Hadist Riwayat Bukhari and Muslim

مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, Allah akan memahamkannya dalam agama.” (HR Bukhari dan Muslim).   

Kalau dulu kita sering menuntut ilmu di forum kajian offline, kadang kita gak sempat datang atau terlambat datang sehingga kita ketinggalan beberapa materi. Saat ini kita mudahkan oleh teknologi, selain bisa kajian diluar jaringan kini bisa juga dilakukan dalam jaringan atau online. Forum kajian tertentu biasanya melaksanakan kajian online maupun online jadi kita bisa menonton live streamingnya atau bisa juga nonton siaran ulangnya.

Baca Juga : 3 Aktivitas Seru Selama Puasa di Masa Pandemi

Salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan ini adalah dengan mengikuti kajian online, mengingat sekarang masih pandemi. Mengikitu kajian dalam jaringan bisa kita lakukan dimana saja, baik itu dirumah dikantor atau bahkan di lading. Kita bisa mendengarkan kajian online melalui berbagai platform dan teman-teman juga bisa mendengar sambil melakukan hal lain. Misalnya saat sedang memasak di dapur atau saat sedang mengetik di laptop, atau bisa juga di dengarkan sambil mencatat poin penting apa yang bisa kalian peroleh dari kajian tersebut.

Membaca ayat alquran dan terjemahannya.

Selain membaca alquran sebaiknya juga mentadabburinya dengan membaca arti dan memahami kandungan dari ayat yang kit abaca. Jadi, bukan hanya sekadar di baca saja tapi kita perlu tahu apa artinya atau apa makna dari ayat tersebut. Alquran adalah pedoman hidup umat Islam untuk tahu bagaimana hidup ini kita jalani maka kita perlu pahami kandungan ayat-ayat alquran yang kita baca.

Baca Juga : 3 Tempat Ngabuburit Asik Ala Introverts

Membuat atau memberi makanan untuk orang berbuka puasa

Memberi makanan untuk berbuka puasa juga pahala loh teman-teman. Memberi makan ini gak perlu modal yang besar loh teman-teman. Bisa juga kalian membuat pudding yang nanti disimpan di cup kecil terus kalian bawa ke masjid. Insya Allah ini juga bernilai paham teman-teman.

Beberapa kegiatan bermanfaat di atas bisa kalian tambahkan dengan kegiatan lain dan jika teman-teman ruti melakukannya kadang menjadi terbiasa teman-teman. Bukankah melakukan hal utuk kebaikan itu baik? Tentunya Insya Allah akan di catat sebagai amal kebaikan kita yang akan menjaga kita di akhirat kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???