ayocpns
My Story

Lulus Passing Grade Tes CPNS 2019

Share and Enjoy !

0
0Shares
Photo by musdalifahmansur.com

Bagaimana kabar pejuang NIP? Masih semangat teman-teman? Jadi, di tulisan kali ini aku akan bercerita sedikit tentang pengalamanku mengikuti tes CPNS Kemenag tahun 2019 kemarin.

Saat itu adalah ketiga kalinya aku mengikuti Tes CPNS untuk formasi Kemenag. Sebelumnya pernah ikut dua kali dan hasilnya sangat miris dan aku benar-benar tidak ada persiapan sama sekali.

Tahun 2017 adalah kali pertama ikut Tes CPNS formasi Kemenag yang awalnya adalah untuk coba-coba saja. Karena dikampus ada ujian dan kalau gagal ujian itu aku harus ngulang lagi kan di semester selanjutnya.

Jadi, fokus aku waktu itu memang untuk lulus ujian yang ada di kampus. Sebenarnya tidak mau ikut tes tapi orang tua bilang ikut aja siapa tau lolos. Jadi aku nurut aja, semua berkas sudah oke dan sudah submit via online juga.

Setelah mendaftar tinggal menunggu jadwal ujian, begitu juga dengan ujian yang ada di kampus, aku sudah daftar dan menunggu kabar tanggal ujian juga.

Waktu itu aku mikir, semoga jadwalnya gak bersamaan ya atau se-enggaknya beda jauhlah jaraknya supaya aku bisa fokus. Dan ternyata harapanku sia-sia karena jadwal Tes CPNS dengan jadwal ujian di kampus jedanya cuma beberapa hari.

Galau? Iya dong pastinya. Aku sampe gak bisa tidur gimana caranya bisa bagi waktunya kalau mepet begini.

Baca juga : Penjual Kue Keliling Lolos CPNS

Beberapa minggu sebelumnya memang aku fokusnya ke ujian yang ada dikampus tapi hati kecil ini juga berbisik supaya bisa lolos CPNS juga.

Akhirnya aku membagi waktu 80% untuk ujian di kampus dan 20% untuk Tes CPNS dan hasilnya nilai Tes CPNS hanya ada disekitar angka 100an dan ujian di kampus aku berhasil lolos dua bidang dari tiga bidang artinya satu bidang aku harus ngulang lagi semester depan.

Tahun berikutnya dengan kasus yang sama, dan skor Tes CPNSku meningkat sedikit di angka 200an tapi belum lulus passing grade.

Di tahun 2019 aku berusaha untuk maksimal dong, aku harus bisa lulus passing grade. Niatku seperti itu karena udah dua kali tes sama sekali belum melewati passing grade.

Aku mulai belajar dari buku-buku yang aku beli dengan harga yang cukup Wow dikantong. Tidak sampai disitu, salah seorang yang baru aku kenal dikampus mengajakku mengobrol dan memberitahu kalau ada situs belajar CPNS yang bagus namanya AYOCPNS.

Padahal saat itu seminggu lagi jadwal tesku , tanpa mikir pajag aku mulai daftar di AYOCPNS dengan memilih paket premiumnya yang harganya ramah banget dikantong.

Aku mulai belajar menggunakan system CAT dari AYOCPNS. Kalau selama ini belajar dari buku atau mengerjakan soal-soal dari buku memang berbeda ketika kita membiasakan diri mengerjakan soal dengan menggunakan system CAT.

Selama seminggu aku rutin membiasakan diri menggunakan mouse, menggunakan tenggat wajtu yang disediakan oleh AYOCPNS disetiap TRY OUT atau di setiap latihan soalnya. Aku jadi terbiasa mengerjakan soal dikejar dengan waktu.

Situs AYOCPNS ini benar-benar sangat membantu dalam membiasakan diri menghadapi soal tes CPNS menggunakan system CAT ini. “Aku tu sampai nangis, Yaa Allah kenapa baru tau sekarang sih situs ini, kenapa gak dari kemarin-kemarin” karena sebagus itu.

Seperti yang aku ceritakan disini kalau di AYOCPNS itu ada soal latihan berjumah 15 soal untuk 15 menit. Jadi, disela-sela kesibukan atau lagi nunggu ojek gitu aku biasa buka situs AYOCPNS untuk menjawab soal latihan yang 15 nomor itu.

Photo from ayocpns.com

Selain soal CPNS yang sesuai dengan Permenpan RB di situs ini juga menyediakan pembahasan soal yang membantu kalian untuk memahami jawaban dengan baik.

Karena sudah ikut berulang kali tentunya udah tau dong model sistem CAT dari BKN itu seperti apa dan di situs ini mirip banget. Aku jadi terbantu banget dengan adanya situs ini. Huhuhuhu… terharu banget.

Photo from ayocpns.com

Oia, hampir lupa selain pembahasan ada juga statistik yang disediakan oleh AYOCPNS jadi teman-teman bisa mengukur kemampuan kalian. Di tes TKP misalnya salah dan benarnya berapa, jadi kita bisa bandingkan untuk tes TKP selanjutnya apakah menurun atau meningkat skornya.

Photo from ayocpns.com

Teman-teman kalau sudah mengerjakan soal latihannya, akan terekam dan kalian bisa lihat tanggal berapa kalian mengerjakan latihan dan skornya berapa aja. Jadi, Latihan disitus ini itu gak cuma satu ya teman-teman tapi banyak.

Latihan soal dan pembahasan untuk TKP ada beberapa bagian begitu juga dengan TWK dan TIU. Beda lagi dengan soal TRY OUT CPNS nya. Nah, kalau ini TKP, TWK dan TIU itu digabung jadi satu dengan jumlah soal 100 dalam jangka waktu 90 menit.

Photo from ayocpns.com

Selama beberapa hari itu aku benar-benar fokus di situs ini saja, dan juga materinya sudah lengkap plus bisa di download. Jadi, kapanpun dan dimanapun bisa di akses materinya tanpa bawa buku yang berat kemana-mana.

Jadi, teman-teman mumpung waktu kita masih banyak buruan daftar di AYOCPNS dan pastikan masukkan kode referral berikut dengan benar 9EK4JG sebagai kode promo untuk mendapatkan diskon sampai dengan 50K atau teman-teman klik button dibawah ini untuk memudahkan kalian

Fokus selama beberapa hari ini ada keyakinan dalam hati, kalau kali ini Insya Allah akan lulus passing grade. Hari-H pun datang, jadi giliran aku ada di sesi ketiga atau kedua ya kalu gak salah waktu itu yang jelas aku udah disana sebelum dhuhur dan masuk antrian itu agak sore-an.

Sampai di lokasi tes aku memerhatikan banyak orang yang mengenakan hitam putih. Sejenak tarik nafas dan berusaha untuk mengatur mood agar tetap stabil tenang, damai aman dan tenteram hehehe kayak apa gitu yah.

Setelah sholat dhuhur bareng teman aku, kami kemudian menuju tempat antri menunggu giliran masuk ruangan. Saat itu hujan lebat diluar, kesempatan dong yah utnuk berdoa. Jadi, disitu aku banyak-banyakin berdoa semoga kali ini lulus passing grade.

Baca juga : Pengalaman belajar di AYOCPNS

Di dalam ruangan itu sekitar 500an kayaknya untuk satu sesi. Setelah melewati beberapa pemeriksaan ini itu kami mengikuti instruksi panitia untuk menempati tempat duduk. Tak lupa mengucap Basmalah dong ya sebelum duduk, dan mengatur posisi duduk senyaman mungkin.

Semua peserta diberikan kesempatan untuk ke kamar mandi jika ada yang ingin buang air kecil karena jika tes sudah dimulai tidak ada satupun peserta yang dibolehkan untuk keluar ruangan. Ketat banget ya guys.

Pokoknya atur napas, atur posisi mouse, kertas cakaran, pensil dan kartu tes di meja seperti yang aku lakukan setiap kali letihan tes dirumah.

Lalu, aku langsung menulis rumus-rumus yang sempat aku ingat dikertas cakaran itu nanti aku lupa. Karena aku yakin banget ini bakalan ada di soal nantinya. Apalagi kalau bukan JKW (Jarak, Kecepatan dan Waktu).

Soal Jarak, kecepatan dan waktu ini sudah menjadi langganan tiap tahun selalu muncul di tes CPNS tiap tahunnya.

Setelah semua soal dikerjakan dan masih punya waktu bebeapa menit, aku gunakan waktu yang sedikit itu untuk mengecek ulang jawabanku sambil menunggu waktu habis.

Baca juga : Cara daftar akun di AYOCPNS

And tadaaaaaaaaaaaaaa………………….. LULUS PASSING GRADE Guys. Aku teriak dalam hati. Alhamdulillah terimakasih Yaa Allah usahaku gak sia-sia. Terimakasih AYOCPNS.COM I love you Full. Semua terbayar, aku senang banget melihat namaku di layar itu lulus passing grade dengan skor 333.

Keluar ruangan teman-temanku bertanya kenapa nangis, aku bilang “Aku lulus passing grade setelah dua kali gagal”sambil menangis tersedu-sedu. Bahagia banget udah lulus passing grade aja sesenang ini Yaa Allah.

Tapi, lulus passing grade belum menadi jaminan untuk kita masuk untuk tes SKB karena harus melalui perangkingan terlebih dahulu. Formasi yang aku daftar itu hanya menerima 1 yang lulus saja, jadi untuk masuk tes selanjutnya adalah 3 peserta dengan nilai SKD tertinggi yang akan masuk tes selanjutnya.

It’s okelah kataku karena berhasil lebih baik dari kemarin untuk diriku sendiri saja itu lebih dari cukup. Dan setelah semua skor dirangking posis ada di urutan keberapa ya waktu itu, agak lupa apa 20 besar atau 40 besar ya.

Kali ini lulus passing grade saja, semoga tahun ini lulus CPNS dan dapat SK ditahun yang sama ya. Aamiin. Teman-teman yang belum daftar AYOCPNS, ayo burun teman-teman jangan buang waktu kalian, sebentar lagi pendaftaran CPNS akan segera dibuka. Yuk, curi start untuk belajar di AYOCPNS.

Kepada AYOCPNS dan TIM Terimakasih kalian sangat hebat, kalian keren dan ini adalah amal jariyah bagi orang-orang yang ada di balik AYOCPNS ini.

Teman-teman jangan sampai kayak aku yang baru dapat info ini pas waktu ujian udah mepet teman-teman. Kepada kalian pejuang NIP yang membaca ini, segera DAFTAR dan kita belajar sama-sama semoga tahun ini kita bisa mendapatkan NIP dan SK CPNS ya.

Photo from ayocpns.com

Oh iya sekadar info teman-teman, di antara paket belajar di AYOCPNS ada satu paket yang menjadi favorite banget nih, yaitu Paket Platinum. Segera Upgrade ke paket platinum setelah daftar ya teman-teman.

Semoga tahun ini ada kabar baik dari kita semua sebagai hadiah terbaik untuk orang tua, untuk pasangan kita dan atau untuk anak kita yaitu SK CPNS tahun 2021.

Semangat ya teman-teman pejuang NIP!.

ayocpns
Photo from ayocpns.com

Share and Enjoy !

0
0Shares

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Hayo mau ngapain???