bookreview,  Review

[Review] Yang Hilang Dari Kita: Akhlak oleh M. Quraish Shihab

Share and Enjoy !

0
0Shares
Photo by musdalifahmansur.com

Berangkat dari istilah “Mama minta pulsa”yang heboh di akhir tahun 2015 silam penulis menyampaikan beberapa ceramah lisan di akhir tahun yang sama. Enam kumpulan ceramah yang menyinggung tentang para pejabat teras yang di beri gelar “Anggota Kehormatan” melakukan perbuatan yang tidak seharusnya.

Baca Juga : Shalat Empat Mahzab

Peristiwa itu pun ramai diperbincangkan di ranah publik lalu kemudian menjadi perdebatan apakah hal tersebut wajar dilakukan atau justru malah sebaliknya. Dari peristiwa tersebutlah ceramah-ceramah tentang akhlak ini bermula.

Photo by musdalifahmansur.com

Orang-orang yang seharusnya menjadi teladan bagi masyarakat justru memberikan contoh yang kurang cocok diterapkan di masyarakat kita. Saat itu banyak orang berkesimpulan bahwa yang hilang dari kita itu adalah akhlak.

Sesungguhnya yang paling aku cintai dan yang paling dekat kedudukannya di sisiku pada Hari Kiamat adalah orang-orang yang terbaik akhlaknya

(HR. at-Tirmidzy)

Beberapa poin-poin penting yang dibahas buku ini yaitu tentang Akhlak, bahasan tentang Baik dan Buruk Islam adalah akhlak dan juga tentang sopan santun.

Penulis membahas akhlak tidak hanya melibatkan filsuf islam saja tetapi juga melibatkan pandangan akhlak menurut para filsuf Yunani yaitu Socrates, dan muridnya Plato serta Aristoteles dan yang lainnya.

Eksistensi masyarakat ditentukan oleh tegaknya moral, Bila moral runtuh, kepunahan mereka tiba.

Ahmad Syauqi (1868-1932 M)

Beberapa poin penting dari nilai akhlak yang dibahas dalam buku ini diantaraya tentang; 1) Keikhlasan; 2) Rahmat; 3) Ilmu; 4) Membaca; 5) Kesabaran; 6) Ash-Shidiq (Kebenaran); 7) Amanah; 8) Kesetiaan; 9) Kekuatan; 10) Kelapangan Dada; 11) Toleransi; 12) Kemuliaan dan Harga Diri; 13) Kedisiplinan; 14) Hidup Sederhana; 15) Al-Haya (Malu); dan yang terakhir 16. Tabayyun (Check dan Recheck).

Baca Juga : Jejak Sang Pemimpi

Tentang Adab juga tidak terlepas dari bahasan penulis. Adab tidak hanya tentang bagaimana kita berperilaku kepada sesama manusia juga tetapi juga adab penting yang perlu kita perhatikan adalah adab terhadap Allah SWT, adab terhadap Nabi Muhammad SAW, adab kita terhadap Binatang dan tumbuh-tumbuhan serta adab kita terhadap benda-benda yang tak bernyawa semua dibahas dibuku ini.

Tuhan adalah wujud yang tidak membutuhkan sesuatu dan Dia Yang Maha Sempurna, maka manusia yang mendekati kesempurnaan adalah ia yang paling sedikit kebutuhannya.

Socrates (469-399 SM)

My Impression

Ada banyak hal penting yang perlu digaris bawahi dan hampir disetiap halaman buku ini aku menandai hal yang menurut aku penting. Membaca buku ini butuh tempat yang tenang dan sunyi bagi supaya bisa menyerap apa yang disampikan penulis melalui buku ini.

Sesungguhnya masa muda, pengangguran, dan kekayaan berpotensi merusak seseorang dengan pengrusakan yang besar.

Abu al-‘Atahiyah (747-826 M)

Buku yang juga menjadi tamparan keras bagi aku bahwa selama ini masih jauh dari yang namanya berakhlak. Kadang kita lupa bagaimana kita seharusnya bersikap terhadap ciptaan Allah yang lain seperti binatang dan tumbuhan bahkan dengan benda tidak bernyawa sekalipun.

Baca juga : Love for Imperfect Things

Buku yang ditulis oleh cendekiawan muslim Prof. Dr. AG. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A adalah salah satu buku yang wajib dibaca. Pemaparan yang tentunya berlandaskan Alquran dan Hadist membawa pembaca untuk menyelami kandungan isi Alquran tentang akhlak yang terkadang luput oleh kita.

Deskripsi Buku

Judul               : Yang Hilang Dari Kita: Akhlak

Penulis            : M. Quraish Shihab

Tahun terbit   : 2020 (Cetakan IV)

Penerbit         : LenteraHati

ISBN                : 978-602-7720-48-0

Beli di : @obralbukujogja

Share and Enjoy !

0
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version