Relationship

Memahami Pasangan dengan Mengenali 5 Bahasa Cinta

canva.com

Punya pasangan yang gak pernah posting foto kita di sosmednya kadang membuat kita berpkir mungkin dia gak sayang sama kita. Tapi dia selalu membantu setiap pekerjaan kita, dia selalu ada di dekat kita setiap waktu.

Ataua pasangan kita gak pernah say ‘I Love You’ lantas membuat kita berpikir aneh-aneh padahl dia selalu kecup kening kita sebelum berangkat kerja ata sekadar mengusap kepala kita sebelum tidur.

Sebelum berpikir yang aneh-aneh, yuk simak penjelasan berikut ini.

Dalam bukunya ‘The 5 Love Languages : The Secret to Love that Lasts’ yang pertama kali terbit pada tahun 1995 ini, Dr Gary Demonte Chapman. Pakar Relationship sekaligus ahli konseling ini mengungkapkan ada bahasa cinta yang dimiliki setiap orang yang membuat mereka merasa dicintai.

Dr. Gary menambahkan dengan mengetahui bahasa cinta diri kita dan pasangan kita sendiri hal itu akan membuat hubungan setiap pasangan semakin erat.

Nah, apakah yang dimaksud dengan ‘bahasa cinta’ ?

Seorang psikoterapis Dr. Tina B. Tessina mengungkapkan bahwa bahasa cinta adalah cara seseorang mengekspersikan cinta terhadapa pasangannya. Dengan memahami bahasa cinta kita lebih bisa mengerti diri kita sendiri ataupun pasangan kita bagaimana seharusnya kita  atau pasangan kita diperlakukan agar merasa dicintai.

5 bahasa Cinta yang di ungkapkan oleh Dr. Gary Chapmen

Lima bahasa cinta dalam buku ‘The 5 Love Languages : The Secret to Love that Lasts’  adalah Word Affirmation, Acts of Service, Receiving Gifts, Quality Time, dan Physical Touch.

Baca juga : 5 Tanda Si Doi Sudah Bosan Denganmu

Word Affirmation atau kata-kata pujian

Hampir semua orang nampkanya senang di puji ya? Tapi, ada juga yang enggak. Tipikal yang mempunyai bahasa cinta wordaffirnation akan senang jika paangannya selalu memberikan pujian. Da akan merasa sangat di cintai jika diberikan kata-kata pujian.

Pujian yang dimaksud disni bukan gombalanya heheh tapi lebih ke apresiasi ke pasangan kita. Misalnya kita memuji masakannya yang enak, seorang istri yang mempuanyai bahasa cinta tipe ini akan merasa sangat dicintai oleh suaminya dengan cara seperti itu.

Acts of Service  atau tindakan melayani

Orang dengan tipe seperti akan merasa dicintai ketika kita melakukan tindakan untuk mereka meskipun ituadalah hal yang sederahana. Misalnya, suami akan merasa senang ketika kita menyiapkan handuk untuknya mandi, memasakkan makanan kesukaannya, membersihkan rumah, atau si istri merasa dicintai ketika suai membantunya membuatkan susu untuk anaknya, menyapu halaman rumah, mencuci piring yang biasa dilakukan sang istri tapi tidak sempat karena sibuk menurus si kecil.

Hal-hal seperti itu akan sangat bermakna bagi orang dengan yang mempunyai bahasa cinta word affirmation ini.  Orang tipikal seperti ini akan senang dilayani bahkan dia kadang iseng meminta bantuan kepada pasangannya untuk melakukan beberapa tugas agar merasa dicintai.

Baca juga : Mungkin, Ini 5 Alasan Wanita Dewasa Belum Menikah

Receiving Gifts atau Menerima Hadiah

Ketika pasangan Anda mempunyai tipe bahasa cinta seperti ini maka sering-seringlah memberkan dia kado kecil.Bukan perihal harganya tapi apapun yang diberikan kepada orang dengan tipe seperti in akan merasa sangat dicintai oleh pasangannya.

Hadiah pemberian Anda akan selalu diingat dan disimpan olehnya sebagai bentuk penghargaannya terhadapa setiap barang yang Anda berikan kepadanya.

Orang dengan tipe seperti ini akan lebih senang lagi jika Anda rela membelanjakan uang Anda sendiri untuk membeli hadiah.  Hal itu juga akan membuat pasangan kita merasa selalu dijadikan prioritas ketika kita memberkan hadiah kepadanya. Oh ya, orang dengan tipe ini harus selalu dibanjiri dengan hadiah hehehe. Jadi, siapa-siap yah.

Quality Time atau waktu yang berkualitas

Ada yang merasa biasa aja ketika diberikan pujian, dberikan hadiah atau mearasa wajar saja jika pasangannya membantu pekerjaannya karena menurut mereka itu adalah sebuah kewajiban.

Tapi, ketika Anda meluangkan wkatu untuk mengobrol dengannya, atau mengajaknya jalan-jaln sore berdua itu akan sangat dihargai oleh tipe ini.

Mereka akan merasa dicintai ketika Anda mengjakanya berceritatentang banyak hal tapi hanya dengan kalian berdua tidak ada orang lain.

Misalnya sebelum tidur ngobrol dulu tentang apa saja hal yang dia alami seharian ini atau siapa aja yang ditemui seharian ini. Hal itu akan membuat mereka merasa dicintai ketika pasangan siap menghabiskan waktunya bersama dengannya.

Physical Touch atau Sentuhan fisik

Orang dengan tipe bahasa cinta seperti ini akan merasa dicintai jka pasangannya melakukan sentuhan fisik padanya. Misalnya membelai kepalanya atau menggenggam tangannya dengan begitu dia akan merasa senang dan bahagia. Sentuhan fisik ini tidak melulu soal seks ya. Bisa dengan berdekatan dengannya atau memijatnya  itu juga bisa dilakukan oleh pasangan orang tipe ini dan dia akan merasa sangat dicintai.

Orang yang senang jika sentuhan fisik diberikan kepadanya juga suka menunjukkan public display of affection (PDA) .Dia akan senang menunjukkan kasih sayang kepada pasangannya didepan umum dengan begitu dia akan merasa bahwa pasanganya ini mencintainya begitupun sebaliknya. Misalnya, mereka akan senang bergandengan tangan didepan umum atau menunjukkan kemesraannya.

Jadi, bermesraan di depan umum atau enggak, mengucapkan kata cinta atau enggaka, atau memberikan hadiah atau enggak bukan berarti sayang atau tidak ya. Di cek dulu apa bahasa cinta diri kita atau pasangan kita lalu perhatikan bagaimana mereka mengekspresikan perasaan cinta mereka. Jangan salah paham dulu ya karena bahasa cinta setiap orang itu berbeda tentu cara mengekspresikan kasih sayang mereka juga akan berbeda.

Ketika bahasa cinta pasangan kita adalah waktu yang bekualitas maka sempatak untuk bercerita dengannya atau mendengar segala ocehannya, begitu uga ketika bahasa cinta pasangan kita adalah word affirmation maka seringlah memujinya. Begitu juga dengan jenis bahasa cinta lainnya dan sebaiknya dikomunikasikan dengan pasangan kita pada saat dia merasa dicintai dan perlakukan dia seperti yang dia butuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dengan mengetahui bahasa citna pasangan kita semoga hubungan kita dengan pasangan  akan semakin erat, langgeng sampai dunia akhirat. Aamiin

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???