kimbabfamily
Review

Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea

Share and Enjoy !

0
0Shares
Edited on Canva.com

Dua budaya disatukan dalam ikatan pernikahan, bagaimana kisahnya?

Appa Jay dan Mama Gina adalah pasangan suami istri berkebangsaan Korea dan Indonesia. Mereka dipertemukaan dalam sebuah kelas Bahasa Mandarin kemudian disatukan dalam Ikatan pernikahan.

Awal jumpa yang rasanya biasa saja lama-lama menjadi tidak biasa ketika mulai kehilangan kontak dan lokasi saling berjauhan. Namun, akhirnya mereka memtuskan untuk menikah.

Kehidupan pernikahan yang mereka jalani di awal sungguh tidak mudah. Perbedaan dua budaya yang terkadang membuat salah paham salah satu pihak akhirnya menjadi perselisihan.

Tentu saja Appa Jay dan Mama Gina tidak tinggal diam. Berbagai daya dan upaya mereka lakukan agar semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga : Love for Imperfect Things

Di awali dari cerita Mama Gina tentang kehidupannya sebeum menikah dan seteah menikah serta lika-liku perjalanan sebagian dari kisah hidupnya terekam dalam narasi di dalam buku ini.

Dilanjutkan dengan diary dari Appa Jay juga bercerita tentang masa kecil dan kehidupannya sampai dia memiliki Anak yang merubah banyak pola pikirnya.

My Impression

Pertama kali mengenal Kimbab Family dari You Tube channel Kimbab Family. Video-videonya tentang kehidupan di Korea tentang makanan, restaurant halal di Korea dan beberapa vlog lainnya.

Awal tertarik karena keluarga ini adalah campuran dari dua budaya dua negara yaitu Korea dan Indonesia. Tentunya banyak sekali perbedaannya dan mereka bisa dipersatukan dalam ikatan cinta.

Appa Jay menggunakan bahasa Korea dan sekali-kali menggunakan bahasa Indonesia, begitu juga dengan Mama Gina yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi namun sesekali berbahasa Korea. Alhasil anak mereka bisa berbahasa Korea dan juga Indonesia.

Baca Juga : Nikah Butuh Ilmu

Selain karena budaya yang membuat menarik saya dari keluarga ini adalah pola parenting mereka. Bagaiamana mereka mengajarkan anaknya sopan santun misalnya. Perilaku dan tingkah yang ditunjukkan oleh ketiga anaknya yaitu, Suji, Yunji dan Jio keliatan banget kalau mereka itu well educated.

“Sopan santun atau etika,bagi saya sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Mungkin bisa dikatakan itu adalah pendidikan nomor satu sebelum mereka mengenal pelajaran akademik lainnya. Bertata karma, berempati, bertanggung jawab, disiplin, adalah hal-hal dasar yang harus ditanamkan, dan itu bisa dimulai dari rumah, tidak perlu menunggu bangku sekolah.”

Appa Jay

Lain di You Tube lain juga cerita yang hadir di buku Kimbab Family. Di buku yang ditulis oleh Appa Jay dan Mama Gina ini bercerita banyak tentang kisah pertemuan mereka, perjuangan mereka di awal pernikahan, how to deal problems dengan dua kultur dalam satu keluarga.

Cerita dari Appa Jay dan Mama Gina diramu dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Buku yang mengambil sudut pandang dari Mama Gina dan Appa Jay ini sedikit banyak membuat air mata menetes.

Baca juga : Jejak Sang Pemimpi

Kisah perjuangan Appa Jay untuk meminang Mama Gina, dan perjuangan Mama Gina beradaptasi dengan budaya Korea begitu mengharu-biru. Beberapa Tips yang disajikan daam buku ini membuat pembaca banyak belajar bagaimana jika seandainya kelak kita berkeluarga dan juga jika kita punya pasangan orang asing.

Buku ini sedikit banyak memberikan sumbangsih pemikiran bagi saya tentang kehidupan pernikahan, bagaimana mendidik anak dan juga bagaimana memperjuangkan cinta heheheh.

Buku yang recommended untuk dibaca untuk berbagai kalangan (menurutku ya) karena ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kisah Appa Jay dan Mama Gina ini. Untuk mengenal mereka lebih dekat silahkan subscribe video mereka di You Tube Kimbab Family atau di instagram mereka di Kimbab Family Official dan kalian akan ketagihan pengen nonton lagi dan lagi. Hihii

Sekian dulu review kali ini, sampai ketemu di review selanjutnya, eh udah baca bukunya belum? Kalau udah komen dibawah yang bagaimana pendapat kalian.

Share and Enjoy !

0
0Shares

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Hayo mau ngapain???
Exit mobile version