BPN RAMADAN 2022

Hal yang Membuatku Bahagia

Apa yang membuat kamu senang? Pertanyaan yang pernah dilontarkan oleh seorang teman. Sebelumnya ada yang menjawab jalan-jalan, ada juga yang menjawab makan makanan yang enak adalah salah sau yang membuatnya senang. Ketika itu ditanykan kepadau maka jawabanku sederhana. Hal yang membuat ku bahagia salah satunyaadalah ketika hujan turun. Seorang introvert penyuka hujan (pluviophile) menemukan kedamaian dan kebahagian ketika hujan turun. Suara hujan seperti music terapi untuk jiwa. Begitumerdu dan menenangkan. Segala tentang hujan membuat mood jadi naik 1000%, ada sensasi berbeda ketika hujan turun. Kadang senyum-senyum sendiri hanya melihat hujan, bahkan sering tiba-tiba keluar hanya ingin menyentuh hujan. Ada suasana berbeda ketika hujan datang menyapa. Beberapa kondisi disaat hujan turun membuat bahagia.

Melihat hujan jatuh di kaca mobil/ jendela kaca

Melihat hujan turun di kaca mobil sangat menenangkan and I feel better. Aku merasa pemandangan hujan yang jatuh ke kaca mobil itu sangat indah, entahlah aku merasakan sesuatu yang berbeda, seperti ada ridu yang meluap bersama dataganya hujan. Tapi , bingung rindunya sama siapa heheh.

Baca juga : 5 Kegiatan Bermanfaat  Selama Bulan Puasa

Mendengar suara hujan

Mendengar suara hujan seperti mendengar music relaksasi yang menenangkan. Mendengar suara hujan sambil mengerjakan sesuatu misalnya menulis puisi atau sedang mengerjakan project ilmiah sangat membantu proses berpikir. It’s like my inspiration comes with the rain. Aku belum tahu apakah ada hubungannya suara hujan dengan proses relaxnya otak. Kalau gak lagi hujan tapi butuh inspirasi aku biasa dengar suara hujan melalui aplikasi. Menenangkan dan menyenangkan, ketika otak dalam kondisi relax inspirasi datang seperti tetesan hujan.

Baca Juga : Tujuan Ngeblog

Bau tanah kering yang disiram air hujan (Petrichor)

Suara hujan yang bikin rileks di tambah dengan bau tanah kering yang basah karena hujan menambah suasana jadi nyaman banget. Beberapa teman kurang suka dengan petrichor aromaalami yang dihasilkan ketika hujan jatuh ke tanah kering, tapi aku suka banget. Petrichor kadang membawaku pada sebuah lorong waktu yang mengingatkan pada kisah yang pernah lalu, ada rasa rindu untuk kembali. Teranyat, memiliki perasaan seperti itu bukan tanpa alasan karena pericor ini ada hubungannya dengan ingatan emosional.

Menurut psychology today hal itu dikarenakan rangsangan yang terjadi pada anatomi otak. Sehingga roma yang masuk dari hidung kemudian mengalir ke bagian bawah otak. Di organ inilah memilikikoneksi langsun ke otak yang sangat berhubungan dengan emosi dan memori yaitu amigdala dan hippocampus makanya sangat memicu eosi dan ingatan kita ketika mencium perichor.

Baca Juga : 3 Kegiatan Healing Selama Bulan Puasa

Hal sederhana di atas bisa membuat bahagoa dan senang, perasaan yang menenangkan rileks dan nyaman. Bagaimana dengan kalian? apa yang membuat kalian bahagia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???
Exit mobile version