Review

[BookReview] ‘Buku Wajib Baca bagi Umat Islam’ Shalat Empat Mahzab

Share and Enjoy !

0
0Shares
Photo by musdalifahmansur.com

Pernah suatu ketika dalam perjalanan kami singgah di suatu daerah untuk melaksanakan sholat berjamaah. Saat itu saya lagi getting period jadi hanya bisa duduk di luar masjid menunggu teman lainnya selesai sholat. Dari luar saya mendengar imam membaca alfatihah tanpa membaca basmalah. Dalam hati saya mulai berkecamuk, ini imamnya lupa atau bagaimana ya.

Selesai sholat saya mendekati salah satu teman dan bertanya kenapa imamnya tidak membaca basmalah di surah alfatihah, tapi teman saya berkata mungkin beda mahzab.

Berangkat dari peristiwa itu saya kemudian mencari tahu apakah memang seperti itu beda mahzab. Dan, saya menemukan buku ini.

Beliau adalah Asy-Syaikh Abdul Qadir Ar-Rahbawi yang telah menuliskan buku ini. Di bagian pendahuluan beliau menjelaskan beberapa alasan mengapa akhirnya beliau menuliskan buku ini karena sholat mempunyai keutaman dan kedudukan tinggi dan juga merupakan tiang agama, alasan yang kedua adalah karena sholat ini merupakan kewajiban umat islam. Alasan selanjutnya karena dalam beribadah umat muslim mengikuti empat mahzab. Dan alasan yang terakhir adalah karena seringnya terjadi perselisihan dikalangan umat muslim karena ketidaktahuan mereka terhadap perbedaan mahzab, dengan adanya buku ini penulis berharap bisa membuka peluang toleransi dan menghadirkan kasih sayang bagi kaum muslimin dengan adanya perbedaan ini.

Photo by musdalifahmansur.com

Maka dari itu, dengan memiliki pengetahuan terkait perbedaan mahzab utamanya tentang shalat ini membuat kita tidak mudah menyalahkan atau menghakimi seseorang bahwa cara dia salah ataupun benar.

dengan memiliki pengetahuan terkait perbedaan mahzab utamanya tentang shalat ini membuat kita tidak mudah menyalahkan atau menghakimi seseorang bahwa cara dia salah ataupun benar

Selanjutnya yang menurut saya penting di buku ini adalah ketika penulis menjabarkan tentang biografi singkat dari empat imam mahzab, yaitu Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii, dan  Imam Ahmad bin Hambal. Penulis juga memaparkan biografi para ulama hadits yaitu itu Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Tirmidzi, Imam Nasa’I, dan Ibnu Majah. Pernah mendengar nama-nama tersebut? Tentunya sudah tidak asing lagi dong ya. Nah, di buku ini para pembaca juga disuguhkan tentang beberapa istilah periwayatan hadits. Ini menurutku sangat penting juga agar kita tahu siapa periwayat hadits yang sedang kita baca.  

Beberapa istilah periwayatan hadits yang wajib teman-teman sekalian ketahui adalah;

  1. Diriwayatkan oleh As Sab’ah atau Imam Tujuh yang terdiri dari Ahmad bin hambal, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibunu Majah.
  2. As Sittah (Imam Enam) adalah imam tujuh selain Ahmad bin Hambal.
  3. Alkhamsah (Imam lima) adalah imam tujuh selain Bukhari dan Muslim.
  4. Al Arba’ah (Imam Empat) adalah para pemilik kitab SUnan yaotu imam tujuh selain Ahmad, Bukhari, dan Muslim.
  5. Ats Tsalatsah (Imam tiga) adalah Abun Daud, Tirmidzi dan Nasa’I.
  6. Muttafaqun ‘Alaih adalah Bukhari dan Muslim.

Jadi, gak bingung lagi kan nanti kalau ada  hadits udah tahu ini sumbernya. Selain bagian pendahuluan yang telah saya jelaskan di atas, di buku ini akan membahas tentang Bab Thoharah dan Bab Sholat.

Di setiap pembahasan penulis selalu menuliskan pendapat para Imam serta sumber dari hadits yang juga jelas perawinya.

Baca Juga: Book Review 'Love for imperfect Things'

Misalnya hal yang saya temukan di salah satu masjid di bagian awal tulisan ini mengenai bacaan basmalah dalamAlfatihah ketika melaksanakan sholat.

Menurut para ulama Syafiýyah basmalah adalah salah satu ayat dalam Alfatihah jadi jika seseorang mengugurkannya makan sholatnya menjadi rusak jika dia tidak mengulangnya, jadi hukumnya sama sperti hukum membaca Alfatihah baik dalam sholat sirr atau jahr. Disisi lain para ulama Hanafiyyah dan Hanabilah berpendapat: disunnahkan membaca basmalah dengan lirih baik dalam sholat sirr maupun jahr sedangkan para ulama Malikiyyah berpednapat: membaca basmalah hukumnya makruh kecuali jika ingin keluar dari khilaf. Penulis menjelaskan secara detail disertai dengan dalil yang jelas.

My Impression

Buku ini sangat penting untuk dibaca bagi umat muslim karena terkadang kita salah paham akan sesuatu karena ketidak tahuan kita akan sesuatu itu juga, Ketika kita memahami perbedaan mahzab yang ada di anatar para imam akan membuat kita lebih bijak menanggapi setiap hal-hal yang berbeda di antara kita para umat islam.

Recommended banget menurut aku karena setelah baca buku ini aku baru tahu bahwa teryata memang ada perbedaan seperti ini dan kita tidak mudah meyalahkan seseorang ketika mereka melakukan sesuatu yang berbeda dengan apa yang kita lakukan. Mungkin saja dia mengikuti Imam Syafi’I dan teman disebelahnya mengikitu Imam Hanafi.

Beli murah disini
Buy Product

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa membaca bukunya lebih lanjut. Semoga penjelasan saya di atas bisa dipahami pun jika ada yang tidak sesuai itu adalah kekeliruan yang datang dari saya sebagai manusia biasa. Saya masih belajar dan mari saling support untuk belajar lebih banyak lagi, karena tidak ada sumur yang mencri timba yang ada timba mencari sumur. Sampa ketemu di book review selanjutnya. Wassalam.

Deskripsi Buku

Judul                     : Shalat Empat Mahzab (Hanafi, Maliki, Syafi’I, Hambali) Disertai Dalil-dalil: Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah

Penulis                 : Asy-Syaikh Abdul Qadir Ar Rahbawi

Penerbit              : Akbar Media (Khazanah Buku Islam Rujukan)

Tahun Terbit      : 2017

Hal                          : 394 hlm

ISBN                      : 978-602-9215-47-2

Share and Enjoy !

0
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *