Review

[Book Review] Nikah Butuh Ilmu oleh Iffah Ruhiyah

Menikah adalah ibadah terpanjang bagi umat muslim. Memilih jalan tersebut tentulah penuh pertimbangan dan perjuangan.

Dengan melibatkan Allah SWT disetiap keputusan dalam kehidupan ini tentunya kita berharap bahwa jalan yang kita pilih adalah terbaik menurutNya.

Seorang gadis berumur 18 tahun ketika memutuskan untuk menikah tentunya membuat kedua orang tua kaget apakah ini benar-benar keputusan yang bulat ataukah hanya dibarengi dengan nafsu belaka?

Karena sesungguhnya pernikahan adalah tempatnya ujian, setan akan selalu menggoda sebuah kehidupan rumah tangga agar dua insan yang disatukan dalam ikatan halal ini berpisah.

Baca juga : Shalat Empat Mahzab

Perjuangan yang tidak mudah tentunya bagi seorang gadis yang masih belia memutuskan untuk menerima pinangan seorang lelaki yang dikenalnya melalui social media lalu kemudian menunda kuliahnya demi mengikuti sang suami ke tempat kerja di ujung barat Indonesia yang sangat jauh dari keluarga.

Proses adaptasi dengan lingkungan baru, proses mengenali pasangan , dan konflik batin karena jauh dari keluarga menjadi satu dalam tubuh yang mungil itu.

Setelah semuanya terbiasa dengan keadaan lalu kemudian anak mulai lahir yang hampir bersamaan dengan jadwal ujian yang ada dikampus. Menanggung konsekuensi dari sebuah keputusan sungguh membutuhkan stok kesabaran yang banyak.

Beberapa tips dan juga kiat-kiat bisa ditemui dalam buku ini dan tentunya banyak petuah pernikahan bisa kalian baca didalamnya.

Photo by musdalifahmansur.com

Buku yang terbagi kedalam 4 tema besar dengan beberapa sub-tema didalamnya. Bagian pertama tentang keputusan terbesar penulis serta prosesnya sehingga memutuskan untuk menikah muda, bagian kedua yaitu menceritakan tentang ‘Siap Melangkah’nya penulis ke jenjang pernikahan, bagian ketiga tentang ‘langkah awal’ yang menceritakan awal kehidupan pernikahan penulis dan bagian yang terakhir adalah tentang rumus bahagia dalam rumah tangga.

“Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku, bukan golonganku.”

HR.Ibnu Majah, dari Aisyah r.a

My Impression

Awalnya hanya mengikuti postingan Mbak Iffah dari instagram dengan nama akun @nikahbutuhilmu. Postingan yang selalu meneduhkan dan menyimpan beribu pesan tentang hubungan pernikahan.

Memilih menikah yang cukup muda tentunya bukan keputusan yang mudah dan butuh pertimbangan yang cukup matang. Di usia18 tahun mbak Iffah berani memilih tanggaung jawab sebagai istri, ibu dan juga dalam perjalanannya merangkap peran juga sebagai seorang mahasiswa.

Mengawal buku ini dengan pengantar dari Pak Cahyadi Takariawan yang merupakan pendiri Wonderful Family Institue sekaligus seorang konselor ketahanan keluarga semakin meyakinkan saya bahwa buku ini memang rekomemmended.

Baca juga : Love for Imperfect Things

Membaca buku ini benar-benar ngalir dan selalu ingin membuka lembaran berikutnya. Kadang aku mikir mbak Iffah ini dewasa banget cara berpikirnya. Bahasa yang mudah dipahami ringan dan enak banget bacanya.

Buku ini sangat cocok bagi mereka yang sudah punya niat untuk menikah, buku ini bisa menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk teru memperbaiki diri dan memahami lebih dalam tentang kehidupan pernikahan.

Untuk yang sudah menikah tentunya buku ini juga sangat direkomendasikan, buku ini bisa menjadi  bahan refleksi dan pengingat diri apakah selama ini sudah betul menjalankan tugas dan fungsi sebagai suami/istri, sebagai bahan intropeksi diri bagaiman kita terhadapa pasangan kita.

Baca juga : Yang Hilang dari Kita Akhlak

Untuk adik-adik yang masih belia juga cocok membaca buku ini sebagai bahan bacaan ringan atau edukasi tentang pernikahan jika mereka memilih menikah muda supaya tidak kaget ketika mereka sudah menikah nanti , buku ini bisa memberikan gambaran tentang kehidupan pernikahan yang sebenarnya bukan seperti yang mereka lihat di drama tv yang penuh dengan ke-uwu-an yang semu.

Buku yang ditulis dari pengalaman pribadi penulis ini patut diapresiasi. Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih banyak silahkan kunjungi instagram @nikahbutuhilmu.

Karenea menikah butuh Ilmu. Jadi, gimana sudah siap menikah?

Deskripsi Buku

Judul               : Nikah Butuh Ilmu

Penulis            : Iffah Ruhiyah

Tahun terbit   : 2021 (Cetakan II)

Penerbit         : Khaira Fitri

ISBN                : 978-623-7582-43-4

Tempat Beli    : @nikahbutuhilmu

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???