Review

[Book Review] Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare

Share and Enjoy !

0
0Shares
Photo by musdalifahmansur.com

Berangkat dari cita-cita ingin mengenalkan dan membuka peluang dalam mempelajari bahasa Inggris ini agar mudah di akses oleh khalayak ramai penulis mencoba untuk melihat sisi lain dari proses pembelajaran bahasa Inggris pada program immerse bahasa yang ada di Kampung Inggris Pare. Buku ini adalah salah satu hasil dari kajian disertasi penulis dalam meneliti bagaimana penerapan immerse bahasa yang ada di kampung Inggris tersebut.

Photo by musdalifahmansur.com

Di bagian awal penulis mencoba menggambarkan bagaimana bahasa Inggris ini bukan hanya penting tetapi juga sangat dibutuhkan di era sekarang ini. Penulis mengajak pembaca untuk merenungi beberapa fakta betapa bahasa asing yang sudah digunakan hampir sebagian negara di bumi ini wajib untuk dipahami dan dikuasai.

Dibagian selanjutnya penulis mencoba untuk mengulik lebih dalam tentang fakta dari mitos yang berkembang dimasyarakat terkait perkampungan bahasa Inggris ini. Kampung Inggris Pare adalah kampung dimana kita bisa melihat banyak orang asing atau orang memanggilnya ‘bule’ begitu desas-desus yang beredar, katanya juga kalau belajar bahasa Inggris di perkampungan ini kita langsung bisa berbahasa Inggris dan beberapa mitos lainnya. Apakah hal tersebut benar? Buktikan sendiri dengan membaca bagian kedua dari buku ini.

Baca juga : Love for Imperfect Things

Penulis juga memberikan penjelasan tentang bagaimana  memulai kehidupan  di perkampungan tersebut. Mulai dari proses pendaftaran, biaya hidup  serta bagaimana memahami rute transportasi yang ada di sana.  Penulis juga mengajak pembaca berkeliling perkampungan untuk menikmati keunikan yang ada di Kampung Inggris Pare ini. Selain itu, di dalam buku ini diberikan penjelasan secara terperinci terkait sistem pembelajaran yang ada di sana dan apa saja keistimewaan belajar di perkampungan bahasa Inggris ini.

Buku yang dilengkapi dengan beberapa gambar ini menambah rasa penasaran pembaca untuk mengenyam pendidikan non-formal di perkampungan bahasa Inggris ini. Ditambah denga bahasa yang ringan, mudah dipahami dan tidak berbelit-belit siap menemani harimu.

My Impression

Pengalaman yang di sajikan dalam bentuk tulisan dan menjadi sebuah buku yang enak dibaca merupakan kenikmatan tersendiri. Membaca buku ini seperti memberikan nasehat untuk terus berjuang meraih mimpi, tentang ajakan untuk terus belajar terutama untuk bahasa Inggris dan gambaran secara jelas tentang kehidupan yang ada di perkampungan tersebut.

Salah satu yang menarik bagiku dalam buku ini adalah dibagian kata pengantar penulis meminta pembaca untuk loncat langsung ke bagian 6. Ada apa di bagian 6? Di bagian paling akhir ini adalah sebagian kecil dari kisah dari penulis dalam mencapai cita-citanya dan juga beberapa kisah Sang Pemimpi lainnya yang menggugah semangat untuk terus belajar, berkarya dan berani untuk meraih mimpi.

Baca juga : Shalat Empat Mahzab

Dan kutipan terakhir buku ini yang membuat saya pribadi bersemangat dan mungkin juga yang membaca buku ini adalah kalimat berikut

“Kejahatan hak dasar manusia yang tersadis menurut saya adalah penguburan mimpi secara hidup-hidup. Maka janganlah takut bermimpi”, Rafi

Jadi, kejarlah mimpi dan bangunlah untuk mewujudkannya. Buku ini bisa dijadikan panduan atau petunjuk bagi mereka yang ingin belajar di Kampung Inggris Pare. Dan kisah jejak sang pemimpi akan memberikan suntikan semangat bagi kalian. Buku ini wajib ada dalam dafatar bacaan kamu di tahun 2021 ini. Sekian dulu review kali ini, semoga bisa bertemu di review buku selanjutnya. Jadi, ingin belajar di Kampung Inggris Pare?

Deskripsi Buku

Judul                     : Jejak Sang Pemimpi: Cerita Dari Kampung Inggris Pare

Penulis                 : Widya R. Pratiwi

Tahun terbit       : 2020

Penerbit              : Caraka Publishing

ISBN                      : 978-623-7807-28-5

Share and Enjoy !

0
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version