Review

Book Review: Happy Little Soul

canva.com

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.

Ungkapan tersebut tidak asing lagi ditelinga kita. Menjadi seorang Ibu memang tidak mudah tapi tentunya menyenangkan. Maka dari itu, penting bagi calon Ibu atau seorang Ibu belajar tentang pola asuh anak.  Meskipun belum menikah tidak ada salahnya belajar tentang parenting lebih awal, karena menurut aku investasi ilmu itu sangat penting. Kelak akan berguna di masa mendatang. Nah, jika sudah terjun ke ke lapangan kita gak kaget-kaget amat karena kita punya pengetahuan awal sebelumnya.

Meskipun mungkin tidak semua teori bisa dengan mudah diaplikasikan dalam prakteknya. Bukan hanya calon ibu atau seorang ibu tentunya tidak hanya seorang Ibu tapi calon Ayah dan seorang Ayah juga wajib memahami hal ini.

Buku parenting pertama yang aku baca adalah buku dari Mbak Retno Hening. Beliau adalah seorang Ibu dari 2 anak yang kukenal karena postingannya yang menarik tentang anaknya sendiri yaitu Kirana. Banyak yang kagum dengan pola asuh beliau lalu kemudian Ibook sapaan untuk Mbak Retno memutuskan untuk membuat buku bagaimana belajar memahami anak dengan penuh cinta.

Baca juga: Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea 

Tentang Buku Happy Little Soul

Buku dengan sampul warna biru ada warna pinknya sedikit ditulis oleh seorang Ibu muda yang mempunyai seorang anak yang bernama Kirana (Saat ini Kirana sudah punya adik).  Kisah Ibook ini di tulis dalam 10 Bab.

Di buku ini Ibook menyisipkan beberapa tips untuk menghadapi anak yang lagi bosan atau bagaimana dia bisa berinteraksi dengan teman mainnya. Selain itu Ibook juga menuliskan beberapa resep masakan dan cara membuat beberapa permainan yang bisa dibuat dirumah oleh para orang tua.

Pesan-pesan yang disampaikan dalam buku ini masuk ke dalam kalbu. Beliau sangat apik bercerita tentang kisahnya dengan Kirana. Bahasa yang mudah dicerna dan ringan dibaca membuat para pembaca selalu ingin membuka halaman selanjutya.

Baca juga: Nikah Butuh Ilmu

My Impression

Buku ini didesain dengan full color dengan kertas tidak membuat mata kita sakit ketika membacanya. Banyak pelajaran yang disisipkan oleh Mbak Retno di buku ini, banyakpesan yang menguatkan untuk para Ibu untuk bagaimana menghadapi anak dengan sabar karena mendidik anak dengan penuh cinta memang butuh perjuangan.

Dari buku ini aku belajar bahwa pendidikan anak itu dimulai ketika memilih Ibunya. Seperti yang dikatakan oleh Dr Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya bahwa pendidikan anak dimulai sejak memilih pasangan hidup.

Deskripsi Buku

Judul               : Happy Little Soul : Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta

Penulis            : Retno Hening

Tahun terbit   : 2017 (cetakan keenam)

Penerbit         : GagasMedia

ISBN                : 978-979-780-886-0

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *