Blog Kebanggaanku Memberi Arti di Hati
Life

Blog Kebanggaanku Memberi Arti di Hati

Blog Kebanggaanku Memberi Arti di Hati

Awal mengenal blog tahun 2007, waktu itu memilih platform ini sebagai arsip dari puisi-puisi yang sering muncul di Facebook. Sering upload status tentang puisi ternyata membuat beberapa orang merasa risih dan mulai memberikan komentar yang tidak mengenakan hati.

Banyak dari mereka mengatakan kalau puisiku terlalu lebay. Entah mengapa saat itu hatiku merasa sangat terluka dan akhirnya saya mencari platform lain yang menurutku aman dan gak bakalan ada teman yang baca.

Waktu itu blog masih sangat awam, belum banyak yang mengenal jadi kupikir saya bisa berekspresi tanpa khawatir di bully sama teman-teman. Akhirnya beberapa tulisan terbit disana dan seperti yang diharapkan tidak ada teman yang membaca.

Untuk menerbitkan tulisan saat itu kadang masih kesulitan, karena telepon seluler yang saya gunakan belum terlalu canggih seperti sekarang jadi biasanya kalau mau menulis di blog kadang saya harus simpan  dulu di Ms word, atau di buku nanti diketik atau langsung upload di blog.

Pada saat itu masih jarang yang punya laptop, di kosan hanya saya dan dua orang teman lainnya. Itu pun jika harus mencari data di internet kita harus ke warnet dulu (warung internet) baru kita bisa berselancar di dunia maya dengan modal Rp.3000 per jam.

Blog pertam saya menggunakan platform wordpress. Namun, setelah beberapa bulan tidak update tulisan entah mengapa tulisanku tidak bisa diakses. Saya lupa masalahnya apa waktu itu karena saya bingung sendiri. Hal itu membuatku terpukul dan akhirnya berhenti menulis di blog untuk sementara.

Meskipun demikian, kegiatan menulis tidak terputus sampai disitu. Saya selalu membawa buku catatan kecil yang muat dibawa kemana-mana. Saya selalu menulis buku itu ketika ada ide datang menyapa, meskipun dosen sedang menjelaskan di depan sana  kadang saya sibuk mencatat apa yang sedang saya pikirkan.

Mungkin dosenku berpikir bahwa saya sangat serius dengan perkuliahan saat itu padahal saya sedang menulis beberapa bait putisi tentang betapa bosannya saya mengikuti perkuliahan yang satu arah itu.

“Kita hanya sebagai objek pendengar tanpa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat atau berkreasi sendiri”. Itu adalah salah satu kutipan tulisanku saat itu.

Setelah selesai kuliah pada program sarjana saya terus melanjutkan ke jenjang-jenjang selanjutnya. Kesibukan kuliah cukup menjarah waktu hingga catatan kecil yang ada di tas hampir kosong.

Sampai akhirnya pada tahun 2018 kegiatan perkuliahan menjadi lengang. Tidak begitu banyak aktvitas kampus yang bisa saya lakukan selain mengerjakan tugas akhir. Di saat itulah saya mulai mengikuti beberapa kelas menulis  online hingga menerbitkan beberapa 6 buku antologi dan niatku aktif di blog kembali mncul.

Di titik inilah saya kembali membuat blog, aktif menulis beberapa puisi dan juga beberpa tulisan tentang apa yang sedang saya pikirkan dan ada seorang teman yang mengenalkanku dengan istilah domain.

Saya mulai berdiskusi banyak dengan dia yang telah terjun di dunia blog sejak beberapa tahun yang lalu dan telah mendapatkan cuan dari Google. Ini sangat menarik bagiku dan mulai mempelajari tentang dunia blogging.

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan nama domainku yang sekarang. Inilah domain pertam saya musdalifahmansur.com sekaligus menjadi blog kebanggaanku.

WHY saya dalam menulis di blog.

Selama aktif ngeblog dari 2018 tetap saja ada banyak cerita suka dan duka selama nge-blog. Kadang ada masa bingung banget mau menulis apa, terus manajemen waktu antara menulis dan melakukan pekerjaan lainnya itu masih belum bisa kuatasi dengan baik.

Suatu ketika saya lagi diposisi malas banget untuk menulis, entahlah mungkin karena faktor jenuh atau gimana. Tapi, itu tidak lama lalu saya kembali lagi pada WHY saya kenapa mau menulis? Kenapa mau membuat blog? Kenapa mengambil keputusan itu?.

Ketika saya hilang arah WHY inilah yang menjadi kompas untuk menunjukkanku arah yang benar. Kenapa saya mulai menulis lagi?.

Alasan yang pertama pastinya karena saya senang menulis. Kegiatan ini sudah menjadi darah yang terus mengalir ditubuhku, sudah mendarah daging dan sulit untuk dipisahkan.

Selain menulis adalah hobiku, kegiatan ini sekaligus menjadi healing untukku. Menuangkan buah pikiran menjadi tulisan sedikit banyak mengurangi beban pikiran yang terlalu banyak menumpuk di kepala.

Selanjutnya tentu saja ingin menebar manfaat sekaligus berdakwah melalui tulisan. Berbagi informasi bermanfaat untuk orang banyak tentu hal yang menyenangkan sekaligus bisa menjadi ladang pahala jika diniatkan untuk Allah SWT.

Menulis blog ini banyak memberikan nilai tersendiri bagi saya pribadi. Kenapa? Karena daalam menulis blog saya selalu berpikir bahwa satu tulisan atau minimal satu artikel itu harus jadi dalam satu waktu. Jadi, saya selalu menunda untuk menulis dan menunggu waktu terbaik dimana saya punya waktu senggang dan keadaan atau suasana tenang.

Akhirnya karena selalu menunggu waktu yang tepat, ternyata waktu itu tidak kunjung datang. Pada akhirnya saya tidak bisa menulis apa-apa. Kebiasaan itu berlanjut terus sampai saya membaca kalimat seperti ini tapi saya lupa membacanya dimana.

“Jangan hanya menunggu waktu yang tepat karena itu bukanlah hal yang utama, terkadang waktu yang salah bisa menjadi yang paling sempurna”.

Kalimat itu seperti cambuk untuk saya yang suka menunggu waktu yang tepat. Padahal kita bisa menciptakan waktu yang tepat itu. Dari situ saya mulai belajar tentang manajemen waktu untuk menulis di blog.

Hal lain yang saya sadari selama aktif di dunia blog adalah kegiatan blogging ini bukan hanya sekadar menulis saja tapi didalamnya kita bisa belajar banyak hal, misalnya belajar tentang bhasa HTML, coding, SEO tentunya dan kita bisa bersinergi dengan para blogger lainnya dalam berbagai event dengan bergbung di komunitas Blog. Salah satu komunitas tersebut adalah BloggerCrony

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Pertama kali mengenal Bloggercrony ketika melihat logo komunitas ini muncul di blog salah satu teman blogger. Kemudian saya kepo mencari akunnya di Instagram dan ternyata ada. Kebetulan saat itu akan diadakan blogger hangout 59 dengan tema ‘Jenjang Karir Blogger’.

Topik yang sangat menarik bukan? Tentu saja saya tertarik untuk ikut. Kemudian saya mendaftar melalui link yang tertera. Blogger Hangout yang akan di pandu oleh kak  Putri Zhea dengan pemateri Kak Imawan Anshari yang merupakan Fulltime Blogger, lalu ada kak Aprijanti sebagai Web Developer dan sebagai Blogger juga.

Sumber Gambar: Instagram Bloggercrony

Selama kurang lebih 60 menit acara berlangsung, banyak banget insight yang saya peroleh. Kak Imawan sebagai fulltime blogger menceritakan kisahnya hingga memutuskan untuk menjadi fulltimer.

Beberapa hal yang beliau sampaikan yang sempat saya catat adalah sebagai blogger kita harus terus meningkatkan skill kita dengan cara belajar baik itu dari segi tulisan kita yang mesti diperhatikan lagi maupun belajar tentang SEO Content dan optimasi blog.

Beliau juga melanjutkan bahwa seorang blogger harus punya atittiude yang baik karena itu akan sangat berpengaruh pada karir kita kedepannya. Menjalin hubungan yang baik dengan komunitas ataupun dengan brand atau sponsor serta teman blogger lainnya akan meningkatkan personal branding kita.

Selain itu, seorang blogger juga harus mampu mengatur keuangan dengan baik. Mengingat penghasilan blogger itu kadang tidak menentu jadi harus pandai menyisihkan sebagian pendapatan jika suatu kali mendapat job dengan tawaran yang fantastis untuk mengisi kekosongan pada saat sepi job.

Pemateri kedua yaitu kak Aprijanti yang membahas tentang konsep Ikigai. Konsep ini bercerita tentang makna kehidupan. Tentang apa yang kita cintai? Apa kemampuan kita? Apa yang dunia butuhkan? Apa yang membuatmu dapat memperoleh penghasilan?.

Dari bahasan kak Apri saya menarik kesimpulan bahwa Ikigai mengajak kita untuk menyelami lebih dalam tentang diri kita sendiri kemudian diselaraskan dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan dunia dari kita. Setelah itu kita bisa melihat peluang kita untuk mendapatkan penghasilan.

Dari acara tersebut saya baru mencari tahu tentang Bloggecrony karena melalui komunitas ini saya bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan. Malam itu saya sangat berterimakasih kepada Tim Bloggercrony karena telah memberikan kesempatan untuk menimba ilmu dengan para pemateri hebat dan keren.

Komunitas Bloggercrony Indonesia mengusung tagline Blogging, Networking, Empowering yang tidak hanya berfokus pada blogging saja tapi bagaimana membangun koneksi dan bekerjasama dengan orang lain agar memberikan manfaat yang lebih besar kepada lingkungan sekitar.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/content yang informative, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan professional.

Sebagai bagian dari Blogger Indonesia yang ingin terus belajar mengembangkan diri tentu saja bergabung dalam sebuah komnuitas adalah sebuah keharusan. Mengenal Bloggercrony adalah salah satu hal yang patut saya syukuri.

Bloggercrony Community disingkat dengan BCC adalah komunitas yang didirkan oleh kak Wardah Fajri dan Kak Santo Rachmawan. Kak Wawa sapaan akrab kak Wardah sebagai Founder BCC dan Kak Satto Raji sapaan kak Santo selaku Co-Founder BCC serta Kak Anesa Nisa juga sebagai Co-Founder.

Selain Founder dan Co-Founder, BCC dibantu oleh BCN Squad dalam mengelola komunitas ini. BCN Squad terdiri dari kak Yayat, Kak Fawwaz, kak Risalah Husna, Kak Akbar, Kak Uni, Kak Wiwid, dan juga Kak Bowo.

Dari tagline Bloggercrony tentang Blogging, Networking dan Empowering menghadirkan beberapa kegiatan yang tentu saja tujuannya memberikan manfaat untuk orang banyak. Program tersebut adalah Blogger Hangout yang telah saya ikuti beberapa waktu lalu, BloggerCare yaitu berupa kegiatan penggalangan dana untuk musibah atau bencana, ada juga Bloggerpreneur yang memberikan faslitas kepada blogger sebagai pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka, serta BloggerDay yang merupakan kegiatan perayaan hari ulang tahun Bloggercrony.

Teman-teman yang ingin merasakan keseruan bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia bisa mengunjungi laman Facebook Grup Bloggercrony dan kalian bisa lihat info kegiatan terupdate juga di Instagram dan twitter bloggercrony Indonesia.

Bergabung dengan komunitas ini menjadi salah satu penyemangat untuk terus menulis dan terus nge-blogging karena punya komunitas yang sefrekeunsi dengan passion kita. Menulis diblog bukan hanya tentang menghindari bullyan teman tapi ada nilai tersembunyi di balik itu semua. Saling berbagi dan bersinergi bersama untuk kebaikan bersama tentu saja membuat saya #BanggaJadiBlogger.

Ada yang punya pengalaman yang sama juga menjadi #BanggaJadiBlogger seperti saya? Bagi cerita kalian di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Hayo mau ngapain???