BPN Ramadhan 2021

3 Bahasa Wajib DIkuasai untu Sukses di Dunia Bisnis

canva.com

Kerraf (1997) menyebutkan bahwa bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh  alat ucap manusia. Maka dari itu bahasa sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari tentunya.

Baca juga : Perempuan Teduh

Maka dari itu untuk berkomunikasi dengan orang lain maka dibutuhkan alat yaitu bahasa. Tentunya setiap bangsa yang hidup di dunia ini mempunyai bahasa yang berbeda. Salah satu cara untuk berkomunikasi dengan mereka adalah kita harus memahami bahasa mereka dan menguasai bahasa mereka juga.

Di dunia bisnis tentu komunikasi ini menjadi hal yang paling utama apalagi jika ingin menjalain kerjasama dengan beberapa orang. Kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan salah satunya adalah dengan menguasai bahasa asing.

Baca juga : 5 Serail Kartun Legend Favoritku

Berikut beberapa bahasa yang menurutku paling penting untuk di masukkan dalam daftar bahasa yang wajib dikuasai adalah;

  • Bahasa Arab

Pernah menonton video yang bikin aku nampar banget sebagai umat muslim dan itu bikin aku nyadar kalau selama ini aku belajar apa?. Jadi, di video itu ada seorang anak kecil yang ditanya kenapa dia mau belajar bahasa Arab padahal dia bukan keturunan dari Timur Tengah, si anak menjawab katanya karena dia muslim jadi dia mau belajar bahasa Arab.

Baca juga : 5 Buku yang Menguubah Cara Berpikirku

Setelah itu aku mikir, wah bener juga ya. Auto insecure dong sama si anak tadi. Masih kecil pikirannya seperti itu. Makanya, bahasa yang palng ingin aku kuasai adalah Bahasa Arab ini.

Sampai sekarang aku masih cari-cari tempat belajar tapi belum ketemu yang cocok nampaknya. Teman-teman yang punya saran tempat belajar bahasa Arab yang recommended boleh bagi informasinya di kolomm komentar ya.

Baca juga : Top Playlist Untuk Moodbooster

Selain karena alasana tersebut, mengapa bahasa Arab penting untuk dikuasai karena negara tmur tengah saat ini sedang berkembang pesat. Nah, salah satu strategi untuk membangun bisnis kalian dengan bekerjasama dengan mereka salaha satunya kalian harus menguasai bahasa ini.

  • Bahasa Inggris

Bahasa yang dikenal sebagai bahasa Internasional ini sudah digunakan di beberapa Negara di dunia sebagai bahasa resmi dan ada juga menggunakannya sebagai bahasa kedua. Ini menjadikan bahasa ini menjadi sangat penting untuk dikuasai.

Baca juga : Sumber Inspirasiku Saat Jenuh

Bahasa dengan 365 juta  jumlah penutur asli ini tidak hanya penting bagi pelajar yang hanya sekadar untuk  mendapatkan nilai tapi bahasa ini penting baik itu untuk pelajar, mahasiswa, bahkan orang dewasa dan para pebisnis juga membutuhkan bahasa ini.

Bahasa Inggris saat ini digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan. Mungkin kita pernah makan indomie buatan Indonesia disitu juga ada bahasa Inggris, alat-alat elektroniki yang kita gunakan banyak yang menggunakan manual book dengan bahasa Inggris.

Baca juga: Target Utama di Tahun 2021
  • Bahasa Mandarin

Ada yang bilang katanya Bahasa Mandarin adalah bahasa bisnis pertama di dunia jadi para pebisinis wajib menguasai bahasa ini. Kalau gak salah, Teh Gina (Kimbab Familiy) pernah bilang alasannya belajar bahasa Mandarin adalah karena tuntutan klien yang kebanyak menggunakan bahasa Mandarin ini.

Bahasa dengan jumlah penutur asli sekitar 935 juta menjadikannya salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.  Maka dari itu, untuk sukses di duniabisnis misalnya kalian harus menguasai bahasa yang satu ini.

Baca juga : Barang Wajib Bawa Saat Bepergian

Nah, itu tadi bahasa yang wajib kalian kuasai jika ingin sukses berbisnis. Jadi, mulai sekarang upgrade skill kalian dan semoga sukses.

Sumber:

Kerraf, Gorys. 1997. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???
Exit mobile version