Kitchen

3 Fakta tentang cemilan enak ‘bitterballen’

3 Fakta tentang cemilan enak ‘bitterballen’
By
Musdalifah Mansur
ippoet_bitterballen


Mirip kroket yaaaa…

Duduk bercengkrama dengan keluarga ataupun teman rasanya kurang lengkap tanpa ditemani dengan cemilan enak. Beragam jenis cemilan biasa disuguhkan salah satunya adalah ‘bitterballen’. Namun, belum banyak yang tahu tentang cemilan yang satu ini. Berikut beberapa fakta tentang ‘bitterballen’ bisa menambah pengetahuanmu terhadap cemilan bentuk bulat ini.
1.       Bitterballen berasal dari Belanda

Belanda menjajah Indonesia dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar tiga ratus lima puluh tahun. Sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Penjajahan Belanda tidak hanya meninggalkan duka bagi bangsa Indonesia tetapi Belanda juga meninggalkan suka. Salah satunya adalah ‘bitterballen’yang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia.  Makanan ini asalnya dari negeri Kincir Angin cukup digemari bahkan sampai sekarang.
valentina-corsetti-787335-unsplash
2.       Bitterballenbiasa disuguhkan dengan makanan ringan yang lain
‘Bitterballensering dibanding-bandingkan dengan kroket. Bisa dibilang ‘bitterballen’sama dengan kroket. Mulai dari bahan dan cara pembuatannya juga sama. Namun, bedanya adalah dari segi bentuk dan penyajiannya. Jika kroket bentuknya agak lonjong maka ‘bitterballen’bentuknya bulat kecil. Cukup untuk sekali masuk ke dalam mulut. Biasanya kroket disajikan di meja makan sebagai pelengkap makan siang. Berbeda dengan ‘bitterballen’biasanya disandingkan dengan makanan ringan lainnya.
anita-austvika-725230-unsplash
3.       Bitterballen terbuat dari daging
Meskipun tidak setenar kroket, bitterballen cukup disenangi. Selain sebagai teman minum teh bitterballen juga bisa menjadi bekal sekolah untuk sikecil. Namun, belum banyak yang tahu tentang bitterballen. Jika kroket terbuat dari kentang sebagai bahan dasarnya , maka bitterballen terbuat dari campuran daging, terigu dan susu cair serta sebagian ada juga yang menambahkannya keju mozzarella.
max-delsid-479103-unsplash

Itulah tadi 3 fakta tentang bitterballen, kamu punya fakta yang lainnya? Silhkan komen di kolom komentar. Selamat membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???