BPN RAMADAN,  BPN RAMADAN 2022

3 Aktivitas Seru Selama Puasa Masa Pandemi

30DayBlogChallengeDay2

Tahun 2022 sudah memasuk tahun ketigas covid-19 masih betah di negeri ini. Sudah tiga kali juga kita menjalani Puasa Ramadhan selama masa pandemi ini. Pemerintah masih melakukan pembatasan agar tidak berkerumun. Beberapa aktivitas masih dilakukan secara daring, beberapa karyawan masih bekerja dari rumah, beberapa sekolah juga masih menerapkan system daring. Untuk itu perlu kita taktisi dengan aktivitas tertentu agar tidak jenuh dengan kondisi ini.

Nah, ini dia 3 aktivitas seru selama puasa di masa pandemi ini.

Membuat agenda Ramadhan

Selama masa pandemi sedikit banyak menguntungkan kaum introvert yang senang dan betah dirumah. Salah satu kegiatan yang bisa di lakukan selama puasa di masa pandemi ini adalah membuat agenda Ramadhan. Hal apa yang dilakukan di hari pertama ramadhan sampai hari terakhir nanti.

Agenda ini bisa kalian buat di awal ramadhan dengan mencatat list aktivitas ibadah yang akan kalian lakukan selama sebulan penuh atau bisa juga kalian menyicilnya tiap hari. Misalnya, setelah sahur kalian menulis mau apa hari ini, mau menghafal surah Ad-Dhuha misalnya, mau belajar bahasa arab unit 1.

Ini akan menjadi kegiatan yang bermanfaat karena at the end of the month kalian bisa lihat apa saja pencapaian atau apa saja yang telah kalian lakukan selama sebulan ini. Dan itu kalian bisa gunakan untuk mengapresiasi diri kalian sendiri bahwa kita bsa memanfaatkan waktu dengan baik.

Baca Juga : 3 Hal Istimewa di Puasa Pertama di Kampung Halaman

Belajar bahasa Arab

Beberapa waktu lalu ada sebuah video yang lewat di berandaku yang memperlihatkan seorang anak keci yang ditanya, kenapa dia ingin belajar bahasa arab padahal dia bukan berkebangsaan Arab. Jawabnya sederhana tapi nyess sampai ke hati, lalu dia mengatakan bahwa alasan dia belajar bahasa arab adalah karena dia orang islam makanya dia ingin belajar bahasa arab. Nyess, banget kan, berasa di tampar kita ini, anak sekecil itu punya pemikiran yang luara biasa.

Nah, Bagaimana jika kita belajar bahasa arab selama ramadhan ini?Ada beberapa pembelajaran bahasa arab online yang bisa teman-teman akses, bahkan ada juga melalui via whatsapp. Kalian bisa memanfaatkan waktu dengan belajar bahasa arab.

Mendengar ceramah dari internet

Kegiatan bermanfaat lainnya yang insya Allah bernIlai pahala adalah mendengarkan ceramah. Saat ini teknologi sangat membantu kita, perihal mendengar ceramah saja bisa kita degarkan melalui gawai pintar (Smartphone). Kita bisa mendengarkan ceramah sambil rebahan, sambil melipat baju, atau melakukan aktivitas lainnya. Ini bisa idkerjakan berbarengan, atau bisa juga teman-teman fokus mendengarkan sambil mencatat beberapa pioin penting yang disampaikan oleh Ustadzah/Ustadz.

Nah, itu tadi tiga aktivitas seru yang bisa teman-teman lakukan selama puasa di masa pandemi ini. Bagaiman dengan aktiitas kalian? Halian bisa bagikan di kolom komentar apa saja kegiatan yang kalian kalukan dan akan kalian lakukan selama sebulan penuh ini. Sampai bertemu di tulisan selanjutnya. Tetap semangat berbagi manfaat dan semoga tulisan bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat berpuasa teman-teman semuanya.

#30DayBlogChallenge

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Hayo mau ngapain???